Jumat, 17 Mei 2019

Gay Marriage in Taiwan


Tanggal 17 Mei 2019 menjadi hari yang sangat bersejarah untuk komunitas LGBTGQ di Taiwan karena pada tanggal ini Taiwan menjadi negara pertama di Asia yang mengakui pernikahan sesama jenis lewat proses voting oleh badan parlemen mereka.



Pernikahan sesama jenis pertama dilakukan seminggu setelahnya pada hari Jumat tanggal 24 Mei 2019. Diperkirakan ada sekitar 280 pasangan sesama jenis yang akan melangsungkan pernikahan di hari jumat itu. DI Taipei ibu kotanya sendiri ada sekitar 150 pasangan


Perjuangan selama 3 dekade akhirnya membuahkan hasil manis untuk komunitas LGBTQ di Taiwan. Ini diharapkan akan membawa angin perubahan untuk kesetaraan hak untuk semua pasangan melangsungkan pernikahan mereka di negara negara lain di asia. Beberapa negara yang diharapkan akan segera menyusul dengan progres di negara masing-masing untuk kesetaraan hak komunitas LGBTQ termasuk diantaranya, Jepang, Thailand, Vietnam dan Philippine. Indonesia, Malaysia, dan  Brunei mungkin termasuk negara-negara terakhir yg mungkin butuh 3 generasi lagi yah untuk menerima di Asia tenggara sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar