Kamis, 11 Oktober 2018

Coming Out Day


11 oktober adalah National Coming out day. Hari dimana sering disalahartikan sebagai hari dimana kita diajak untuk coming out. Hari dimana kita sebagai anggota dari komunitas LGBT di"paksa" untuk coming out, untuk berbangga hati dengan out and loud memproklamirkan diri kita sebagai anggota dari komunitas LGBT

Padahal itu salah semua. Pada hari National Coming Out Day yang ingin ditonjolkan bukan pemaksaan coming out nya. Yang ingin ditonjolkan itu adalah dunia yang sudah lebih baik, yang lebih aman untuk komunitas LGBT yang ingin memutuskan untuk coming out.

Coming out itu adalah proses yang sangat penting, sensitif, kritis dan merubah seluruh hidup siapapun yang ada di dalam komunitas LGBT. Hidup mereka akan berubah setelah coming out. Hidup keluarga mereka akan berubah setelah mereka coming out. Hidup orang orang di sekitar mereka akan berubah setelah mereka coming out. Nothing will be the same. It could be better, it could be worse.

Yang ingin dicapai oleh national coming out day ini adalah membangkitkan kesadaran semua orang, bukan cuma komunitas LGBTnya, tetapi semua orang, bahwa kita semua perlu menciptakan dunia yang aman dan dapat menerima siapapun yang memutuskan untuk coming out. Harapannya adalah ketika ada anggota komunitas LGBT yang ingin coming out, dan mereka tahu bahwa hidup mereka akan berubah, maka semua orang yang terlibat dalam hidupnya baik itu keluarga ataupun teman harus siap dan sadar bahwa mereka yang coming out itu membutuhkan lingkungan yang mendukung, terbuka dan tidak judgmental terhadap keputusan mereka. Semua harus bersiap menciptakan dunia yang lebih baik dalam menerima mereka yang ingin coming out sehingga perubahan besar dalam hidup mereka itu adalah perubahan ke arah yang lebih baik.

So, happy coming out day.

Buat yg pengen coming out, please feel free to do so. Indonesia mungkin negara yang paling aman sekarang untuk coming out terang terangan. Tetapi kamu bisa mulai dari lingkungan lingkungan kecil di sekeliling kamu, yang kamu butuhkan untuk memberi dukungan kepada kamu dalam belajar hidup sebagai diri kamu seutuhnya.

Kalau belum mau coming out? Ga masalah. Take your time. Mau 5 tahun dari sekarang, 50 tahun dari sekarang atau ga mau coming out sama sekali? Ga masalah kok. You know your life better than we do. Tetapi sekalipun kamu nggak mau coming out, bukan berarti kamu ga bisa berpartisipasi di coming out day ini. Cukup dengan hal hal kecil dalam menciptakan dunia yang lebih baik, lebih ga judgmental, lebih ga heboh penting ketika ngomongin soal kasus apapun yg ada orang gaynya. Mungkin dengan menciptakan opini netral atau positif di grup WA komplek ketika orang heboh mencaci maki LGBT. Atau dengan tidak ikut ikutan yang lain ketika meledek anak baru di kantor yg memang agak terlihat ngondek. Dengan hal hal kecil seperti itu, kamu udah ikut serta dalam menciptakan dunia yang lebih aman kok untuk mereka yang ingin coming out suatu hari. Semua langkah kecil mu itu bernilai kok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar