Senin, 30 April 2018

Thailand dan rencana undang-undang untuk pasangan sesama jenis


Kabar kabarnya Thailand akan memperkenalkan rencana undang undang yang memperbolehkan pasangan sesama jenis untuk mendaftarkan hubungan mereka sebagai "life partner" sehingga mereka bisa mendapatkan hak hak yang diperoleh oleh pasangan straight dari pernikahan. Jadi ini bukan pernikahan sesama jenis sih yang akan diajukan. Jadi semacam pernikahan yang bukan pernikahan, tetapi dengan semua benefit dari pernikahan.

Yah sekalipun bukan pernikahan dengan gelar suami - suami, dengan status "life partner" yang diakui negara ini, pasangan sesama jenis bisa ngurus semua tetek bengek administrasi seperti kepemilikan harta, pajak, hak waris, sampai dgn hal simpel seperti hak kunjung di rumah sakit atau penjara.

Ini sebenarnya bukan pertama kali sih ada rencana undang undang yang berusaha memberikan hak lebih kepada komunitas LGBT. Terakhir sih gagal karena ada kudeta militer. Makanya banyak yang merasa agak pesimis rencana undang undang ini beneran menjadi undang undang.

Tetapi kalau sampai tembus nih undang undangnya, maka Thailand akan menjadi negara pertama di asia tenggara yang memiliki undang undang untuk pasangan sesama jenis. Semoga beneran kejadian aja yah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar