Minggu, 31 Desember 2017

What happened in 2017


Apa yang terjadi di tahun 2017? Banyak banget sih. Ada beberapa highlight yang bikin bahagia, ada yang bikin bete, ada yang bikin sedih. Coba kita ingat ingat lagi yah beberapa poin penting

1. Akhirnya Taiwan melegalkan pernikahan sesama jenis, sekalipun ga langsung kejadian karena butuh 2 tahun untuk merumuskan dalam bentuk undang undang. Dan juga ga specifically dibilang melegalkan pernikahan sesama jenis karena yang ada itu adalah pernyataan bahawa tindakan melarang pernikahan sesama jenis itu tidak ada landasan hukumnya.

2. Begitu juga dengan Australia. Yang sebenarnya juga ga langsung melegalkan pernikahan sesama jenis. Tetapi lewat sebuah public voting, masyarakat australia lebih banyak yang voting untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Atas dasar hasil voting ini akan diajukan untuk menjadi undang undang.

3. Trus ada apa di Indo? Yah salah satunya adalah drama penggerebakan dua sauna gay di Jakarta. Salah satunya berakhir dengan beredarnya foto telanjang para pengunjung.

4. Belum lagi ada persyaratan non LGBT untuk calon mahasiswa yang mau mendaftar di sebuah perguruan tinggi Andalas

5. Trus ada Kevin Spacey yg come out setelah dituduh melakukan pelecehan seksual yang berakibat banyak pihak yang memutuskan kerja sama dengannya

6. Dan terakhir ada sekelompok orang yang hampir membuat perbuatan seksual sesama jenis menjadi tindakan kriminal karena perbuatan cabul sesama jenis kepada anak di bawah umur yg skrg sudah merupakan tindakan kriminal. Mereka minta untuk dihapus batasan umurnya sehingga tanpa memandang umur, semua perbuatan seksual antar pria bisa dianggap perbuatan kriminal. Untung ditolak olah MK.

It's a good year. We have made some progress. Good progress. Sekalipun tidak cukup cepat sih progressnya, tp paling ga kita sudah sedikit lebih maju.

Semoga di 2018 kita masih bisa meraih progress dengan lebih cepat lagi untuk masa depan yang lebih baik bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar