Kamis, 23 November 2017

Miss Universe National Costume 2017 review

It's the time of year to become the unofficial judge of Miss Universe National Costume 2017!!!

Dan seperti biasa, tiap tahun selalu penuh dengan kejutan. Kejutan yg membuat senyum, kejutan yg membuat terharu sampai kejutan yg menciptakan trauma. Runway masih didominasi baju dengan standar National costume yg beratnya harus 2 kali lipat berat badan sang miss universe dan lebar kostum yg cukup untuk membungkus 3 orang miss universe lain. Kejutan ambisius dari beberapa negara yang sepertinya telah menemukan jati dirinya dan semakin kreatif dalam eksplorasi ide kostumnya yang sekalipun tidak selalu indah terlihat pada saat jadinya.

Ada beberapa kostum yg cukup menarik perhatian baik dengan senyum atau mata membelalak yaitu :

1.Myanmar



Setelah tahun lalu berhasil mencuri perhatian dan menang title best National Costume dengan ide kreatifnya yang menampilkan wayang-wayangan lengkap dengan latar belakangnya sebagai busana nasional, tahun ini Myanmar semakin menggila. Tidak cukup latar pagelaran yg diseret-seret tahun lalu, kali ini mereka membawa pendopo/panggung/altar/sumur sebagai bagian dari kostumnya.

Mungkin ini bisa di lihat sebagai "Out of the box" dan kreatif. Tapi pertanyaan pentingnya adalah seperti apa sih "box" nya yg seharusnya menjadi batasan sebuah national costume dalam pagelaran miss Universe. Ketika kostumnya sendiri menjadi lebih besar dari sang miss nya sendiri, sehingga dia tidak bisa melenggang lenggok di atas panggung sebagaimananya seorang kontestan beauty pageant. Buat yg udah liat videonya bisa ngeliat sih ngerti bagaimana si cewek malang ini literally nyeret nyeret sumur raksasa seperti orang yg memakai drum minyak sambil tetap berusaha terlihat anggun. Apa yg di sebut national costume, apa yg di sebut kostum panggung untuk sandiwara, apa yang disebut pakaian daerah yg cantik? Sepertinya tim Myanmar sudah lupa itu semua, dan mereka cuma mementingkan bagaimana kostum mereka harus terlihat lebih heboh dan mencolok di banding tahun lalu.

Ini ibaratnya ketika indomie dikasih keju yang dibilang enak, trus chefnya improve bikin Indomie yg ditambahin satu kaleng susu kental manis, 5 potong keju utuh dan terakhir ditambah 16 karton susu coklat. Masih enak ga kira-kira?

Tidak ada kata berlebihan yg berakhir dengan baik. Begitu juga dengan kreatifitas karena kalo berlebihan itu artinya mereka sudah kehilangan visi utama dari national costume ini sendiri.  Seharusnya kalau mau adil, semua orang harus bisa berjalan di atas runway tanpa effort agar national costumenya boleh di nilai. Kalau kostum ini sampai menang, tahun depan kita miss universenya tempelin pake dinding bata dan atap rumah aja sekalian. Ga perlu bergerak. Yang penting keliatan muka cantiknya dikelilingin unsur "budaya" tanpa peduli alasan practical dan wearibility

I dont like this costume

2. Indonesia

Let me start by stating that I LOVE the concept of this National Costume. Warrior of Orang Utan. What a brilliant idea. Seneng banget karena Indonesia udah ga berusaha dengan kostum gegap gempita ala karnaval lagi. Dan dengan sangat cerdas mengangkat suatu tema yg sangat Indonesia yaitu Orang Utan yg mempunyai muatan sosial sangat tinggi di mata dunia. Perancangnya sendiri Rinaldy A Yunadi adalah salah satu perancang paling kreatif di Indonesia. Bunga sendiri terlihat sangat sangat sangat sangat cantik, anggun dan fierce di kostum ini. Detail dari setiap kostum ini begitu indah di sisi depannya. Kebudayaan Dayak dan kekayaan hutan Kalimantan terpampang dengan Indah tanpa terlihat berlebihan sehingga menghasilkan kombinasi keanggunan sebuah National Costume yg sangat cerdas.


What I am not really comfortable is the back side of this costume. Ketika berbalik, akan terlihat muka orang utannya di balik kepala Bunga. Idenya sih keren, memperlihat sosok Orang Utan nya untuk menegaskan kehadirannya dalam kostum. Tapi somehow kenapa malah terlihat seperti jagoan wanita di hutan kalimantan yg cantik dan gagah berani dan melawan Orang Utan, trus menang dan berhasil membunuh orang utannya, trus mengambil kulit orang utan itu sebagai bagian dari pakaiannya untuk menandakan kemenangannya. Banyak kebudayaan yang menggunakan kulit binatang buruannya sebagai token kemenangan. Seperti mereka yang berburu harimau, menguliti harimaunya dan memakai kulitnya jadi jubah. Atau ngulitin beruang yg di kulitin menjadi karpet. Ini Somehow Bunga terlihat seperti memakai Orang Utan itu sebagai tanda kemenangan yang justru malah terlihat seolah olah dia berburu orang utan, instead of menyelamatkan mereka. I am not comfortable with that part.

It's a very interesting concept though.

Dan terakhir, I think it will have a better winning chances kalau unsur hutannya agak sedikit ditonjolkan dalam mendukung ke glamour-an kostum ini. Sayangnya kostum ini terlihat sedikit agak praktis. Ini adalah kostum seorang jenderal wanita hutan kalimantan. Bukan kostum ratunya. Dan yang dibutuhkan dalam panggung ini adalah kostum seorang ratu.

Tapi dari sisi konsep, kostum ini punya cerita yang sangat kuat dan sudut pandang cerita serta ide yg sangat sangat berbeda dibanding semua national costume tahun ini. Bahkan tahun-tahun sebelumnya.

3. Malaysia



Malaysia selalu menjadi negara galau dalam menentukan tema sehingga selalu menjadi bulan bulanan setiap tahunnya. Tahun ini mereka come out dengan ide yg tidak kalah konyolnya, but I love it! Untuk semua yg pernah ke Malaysia, tentunya tau bahwa nasi lemak itu Malaysia banget (yah Singapore mungkin ga akan sepenuhnya setuju). Dan ide mereka untuk mengangkat nasi lemak itu menjadi kostum di tahun ini terus terang lucu dalam arti yg menyenangkan yah. Funny and cheeky and very original. Sekalipun eksekusinya agak jauh dari kata glamour, tp dari daun pisang, telor mata sapi sampai sambalnya itu bikin berasa nasi lemak banget. I just wish this wonderful idea is executed by brilliant mind like designers in Indonesia. Pasti jadinya akan lebih lucu, lebih detail, lebih glamour dan punya kesempatan beneran untuk menang. Kostum ini sih ga akan menang, but I still love the idea

4. Thailand

Ini adalah contoh sebuah national Costume yg memenuhi semua syarat yg dibutuhkan untuk menjadi pemenang Best National Costume. Thailand telah memjadi negara yg cukup ambisius dalam membuat National Costume akhir-akhir ini. Dengan keterbatasan kebudayaannya yang mungkin tidak sekaya Indonesia, mereka selalu berhasil menggali ide baru dalam sebuah kostum. Kebudayaan mereka selalu menjadi landasan utama untuk ditonjolkan dengan mengedepankan kreativitas yang wearable, anggun dan dengan unsur kejutan yang tidak berlebihan.  

Just one note from me sih, itu mungkin harus dibikinin tangan palsu untuk kostum cowoknya, karena di kostum sekarang agak terlihat sepertinya sang penari cowok merogoh isi dalam sarung sang penari cewek alias bonekanya. Mungkin judul kostum ini memang "Rogoh aku Mas". Tapi tetap sih kostum ini punya peluang bagus untuk menang sih

5. Jepang


Kalau di foto ini sih terlihat kostumnya biasa aja yah. Emang terlihat biasa sih. Tetapi coba lihat video di bawah ini bagaimana kostum Ninja dari Miss Japan ini menjadi kostum Geisha modern seperti yg di atas


Kostum yg bertransformasi seperti ini bukan ide baru sih. Tetapi kayaknya baru si Miss Jepang yg menggunakan tehnik ini dengan sempurna untuk menampilkan dua unsur penting dalam kebudayaanya. I just wish ketika jadi kimono lebih glamour aja. Kimono ala permaisuri kaisar, bukan kimono Geisha preman yg tukang malakin cowok di pinggir jalan.

Itu tadi 5 kostum yg paling pengen di komenin, regarding bagus apa jelek. Berikut beberapa kostum lain yang worth special mention in good and bad way

Best Head Gear : Nepal

Kostumnya boleh sederhana, tetapi head gear Miss nepal ini luar biasa. Such beautiful and simple piece yg elegan dan anggun. Ga kebayang berapa beratnya, but I am in love with this head gear

Most Lazy costume : Germany and Netherland

Jerman bukan negara miskin yang berusaha mencari dana untuk ikut dalam ajang seperti Miss Universe sih. Tetapi ketika Miss Germany tampil dengan kostum ala cosplay on budget untuk Snow White akan bikin kita bertanya tanya sih. Kostumnya ketinggalan? Atau ga ada yg bantuin? atau dia membelot dari kostum Gerbang Brandenburg ala Miss Myanmar yg musti di seret-seret dan terpaksa membuat kostum sendiri? Come on lady. You can do Snow White wayyy better than this. Any cosplayer can do Snow White waaaayyy better than this


Another Lazy country yg jelas bukan karena masalah kekurangan budget. "Mas, aku national costumenya apa yah?". "Bawa bendera aja!". "Trus pake baju apa donk?". "Hmmm... apa aja lah. yg emas emas gitu ada ga? Biar keliatan mewah aja lah. Percuma bikin susah susah, cewek cewek gila dari Asia Tenggara pasti udah bawa yg heboh heboh. Ga mungkin menang punya. Asal ada aja deh"

Most Appreciated : Tanzania

Sebelum tertawain National Costume Miss Tanzania yang terlihat sepertinya terbuat dari petai, kalian musti tahu dulu ceritanya. Tanzania jelas adalah negara yang tidak mempunya budget seperti negara lain ketika mengirimkan kandidatnya untuk ajang seperti ini. Negara ini beneran ga punya budget untuk national costume ataupun gaun, sepatu cantik ataupun yang lain lainnya untuk Lilian Erica Mahamud. Ketika gadis gadis lain punya tim yang mempersiapkan National Costume untuk mereka, dan bahkan mungkin mereka ga perlu terlibat dalam proses apapun selain fitting, Lilian ini harus membuat sendiri kostumnya ini dari nol. Dia dengan usahanya sendiri mengumpulkan bahan-bahan untuk membuat kostum yang akan dikenakan ini sendiri. Jadinya tentunya bukan gaun panjang mewah atau baju bulu-bulu ala karnaval negara amerika selatan yg gemerlapan, Tetapi jadinya adalah wujud kerja keras seorang gadis muda berkemauan keras yang mengangkat kebudayaan negaranya dalam ajang internasional lewat keringat dan kreatifitasnya. 

Dia sendiri ke Las Vegas hanya membawa dua koper yang artinya dia ga punya banyak gaun atau aksesoris untuk memercantik dirinya selama kompetisi. Untungnya banyak Pageant enthusiast mengetahui kondisinya dan memberi bantuan padanya. Ada beberapa peserta juga yg meminjamkan berbagai macam hal untuknya. Lilian sendiri sama sekali terlihat sedih atau mengiba-iba di ajang ini. Semangat positifnya sekalipun dengan keterbatasannya lah yg membuat orang orang begitu ringan tangan memberikannya bantuan

Most Aji Mumpung tanpa License : Israel


Gal Gadot, sang Wonder Woman adalah Miss Israel di ajang Miss Universe tahunan yg lalu. Dengan ketenaran Gal Gadot skrg ini, Miss Israel mencoba mengingatkan kita bahwa Gal Gadot itu adalah Miss Israel dulunya. What could be better than Wonder Woman costume yah buat ingetin orang orang. Tetapi berhubung memakai kostum superhero seperti yg pernah dilakukan oleh Miss USA beberapa tahun dengan kostum Transformer penuh intrik dan mungkin juga ada masalah masalah license terkait. Jadilah dibikin kostum ala Wonder woman dengan warna yg sangat Israel, yaitu biru plus perisai minus pedang dan lasso. Sebenarnya kalau beneran mau ingetin org ttg wonder woman, banyak cara yg bisa lebih cantik sih. Terutama dari sisi warna dan attitude perhaps. Tp ini kesannya jadi kostum wonder woman setengah hati aja sih dengan aji mumpung seadanya

(second) Most Social Awareness : Namibia


Dengan pesan yg mirip dengan Indonesia dan orang Utannya, Namibia mencoba mencuri perhatian orang untuk perlindungan badak di negara mereka yang juga sedang dalam kondisi tidak menguntungkan. Cuma memang caranya tidak secantik Indonesia dengan kostumnya. Tetapi pesannya jauh lebih clear dan tanpa babibu. Miss Universe adalah ajang yg sempurna sih untuk raise awareness untuk hal-hal seperti ini. 

Save world's Rhino, Orang Utan and many other endangered species. We need as many people as possible to know this

Most awful execution : Australia


Ada yang bisa nebak itu gaunnya gambarin apa? Well, katanya sih itu menggambarkan Sydney Opera House. Icon kebanggan warga Australia yang sepintas terlihat seperti kostum kelopak bunga yang belum selesai di hias. You can do better than this

Most Cheap looking : China


Kipasnya sih ga jelek yah. Tetapi coba bayangin kostum ini tanpa kipas, apa yang terlihat? Yang terlihat adalah iklan beha celana dalam di majalah cina murahan  dengan kualitas dan desain murahan yang berusaha terlihat mahal. Mbak mbaknya cantik banget sih. Tetapi model celana dalam dengan tali-tali melintang dan korset tali melintang yang dipakai dengan high heel ini terlihat seperti stripper di karaoke remang-remang di kota ga jelas di tengah cina sana. Siapapun yg desain celana dalamnya itu mending ganti profesi yang tidak membutuhkan insting akan seni dan keindahan. Jaga toko atau jualan pipa air mungkin?

Most bikin ga tau mau komen apa : USA


Miss Usa yang bekerja di United States Nuclear Regulatory Commision memakai kostum "Science". Yup Ilmu pengetahuan dalam kostum bernuansa amerika. Jadinya? Victoria Secret's Angel with Atom? Superhero with Atom Superpower? Gadis cantik korban tim yg overly ambitious dan kehabisan ide? Bingung mau komen apa


Prediksi yg menang? Thailand atau Jepang kalau jurinya masih masuk akal. Indo juga masih mungkin sekalipun peluangnya ga gede. Kalau Myanmar yg sampai memang berarti semua juri udah lupa esensi dasar kata "national" dan "Costume". Dan kalau Myanmar menang, gua suggest kita tahun depan dandan sebagai monas atau rumah gadang aja. Ga perlu peduli soal kenyamana sang gadis pemakai, yg penting gede, berat, heboh dan bikin org geleng geleng kepala

2 komentar: