Kamis, 06 Juli 2017

Harapan untuk kita semua oleh waktu


Ada seorang pria yang inget dengan sebuah teka teki yang pernah ditanyakan oleh ayahnya ketika dia berumur 7 tahun di tahun 1993. 

Ayahnya bercerita bahwa ada seorang pria yang terlibat dalam sebuah kecelakaan parah di jalan bersama anak nya. Karena parahnya tabrakan tersebut, sang ayah meninggal di tempat. Sementara sang anaknya dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk diselamatkan. Tiba di rumah sakit, sang anak ternyata harus dioperasi segera menurut petugas di ruang UGD yang menanganinya. Pada saat mereka membawa anak tersebut ke ruang operasi, ahli bedah yang seharusnya mengoperasi anak tersebut berkata "Aku tidak boleh mengoperasi anak ini. Dia ini anakku". Nah menurut kamu bagaimana itu mungkin terjadi?

Pada saat itu, sang pria ini ingat dia tanpa berpikir panjang langsung menjawab "karena dokter itu adalah ibunya".  Ayahnya yang menanyakan teka teki tersebut agak terkejut karena pada waktu pertama kali dia mendengar teka teki itu 25 tahun yang lalu, dia kesulitan menjawab teka teki tersebut karena pada jaman itu seorang wanita menjadi ahli bedah tidaklah terlalu umum. 

Sementara di tahun 1993, sudah banyak wanita yang melakukan berbagai macam profesi termasuk ahli bedah yang mungkin dulunya dikuasai oleh para pria. Jadi dirinya yang berusia 7 tahun tidak merasa ahli bedah di cerita sebagai seorang wanita adalah hal yang terlalu aneh untuknya.

Kini sang pria yang menjadi seorang pendidik penasaran apakah pertanyaan tersebut akan memiliki jawaban yang sama atau berbeda di tahun 2017 apabila ditanyakan ke anak berusia 7 tahun. 

Ketika dia menceritakan cerita yang sama ke anak didiknya yang berusia 7 tahun, tanpa mikir mereka langsung menjawab "oh, karena ahli bedah itu adalah bapaknya yang satu lagi"

Hal ini membuktikan bahwa waktu, sekalipun tidak bekerja dengan cepat, bekerja dengan sangat efektif merubah persepsi dunia ini terhadap berbagai hal ke arah yang lebih positif. 50 tahun lalu tidak ada merasa wanita pantas menjadi ahli bedah, tetapi 25 tahun lalu itu adalah hal yang umum. 25 tahun yang lalu, hampir seluruh dunia merasa gay adalah sebuah hal yang tidak normal. Tetapi di skrg ini, ada anak berumur 7 tahun yang merasa keluarga dengan dua ayah adalah hal yang normal. 

Bagaimana dengan 25 tahun dari sekarang? Semuanya pasti sudah akan berubah menjadi lebih baik.  Tinggal nunggu dengan sabar bersama dengan waktu aja yah:)


Source : some unknown article in internet.
  

1 komentar: