Rabu, 24 Mei 2017

Gay marriage and future dream


Per hari Rabu tanggal 24 Mei 2017, Taiwan sudah secara resmi menjadi Negara Asia pertama yang secara memperbolehkan pernikahan sesama jenis. Keputusan pengadilan yang menyatakan bahwa pemerintahan Taiwan gagal dalam melindungi hak semua warga taiwan untuk bebas menikah dengan siapapun yang mereka inginkan sehingga mereka memerintahkan agar parlemen Taiwan melakukan perubahan terhadap undang undang tersebut selama 2 tahun ke depan agar pasangan sesama jenis bisa menikah tanpa kesulitan nantinya di Taiwan

Setelah Taiwan, pertanyaannya adalah siapa nih yang akan menyusul dari negara negara di Asia. Sulit sih sepertinya untuk negara lain di Asia mengikuti langkah Taiwan dengan segera karena negara Asia terkenal dengan pemerintahannya yang agak kolot, konvensional dan sangat berpihak pada nilai nilai ketimuran dan agama.

Nah skrg mau coba acara meramal ngarang dulu, kira kira negara mana yang akan nyusul di Asia tanpa memperhitungkan dulu berapa tahun pemerintah mereka masing masing akan ribut soal ini dulu, dan apakah Indonesia akan termasuk negara yang menyetujui pernikahan sesama jenis ini

Setelah Taiwan, sepertinya tidak akan butuh waktu lama, paling setahun dua tahun untuk negara seperti Vietnam  atau kamboja karena memang mereka sudah lama ngobrolin soal ini, dan sepertinya pemerintahannya tidak keberatan sama sekali untuk ini.

Hanya masalah waktu dan dorongan aja. Habis dari itu, kemungkinan berikutnya adalah negara powerful seperti Jepang mungkin yang akan nyusul karena skrg beberapa distrik sudah semakin memberi kesetaraan kepada pasangan sesama jenis di distrik masing-masing. Setelah itu nyusul beberapa negara kecil yang nyusul simply karena pengen join dengan "the cool gang" karena pada saat itu akan semakin banyak negara di belahan dunia lain nyusul.

Tetapi di asia sendiri, big milestone berikutnya adalah ketika Thailand join. Thailand yang sudah jelas menerima LGBT dalam keseharian mereka memang butuh waktu lama untuk meresmikan karena buat mereka itu bukan hal yang penting penting amat. Toh para LGBT bebas mau ngapain aja di Thailand. Tetapi setelah semakin banyak negara di asia join, akhirnya Thailand luluh juga dan ikut meresmikan, terutama setelah kestabilan pemerintahannya sendiri tercapai

Nah setelah ini kemungkinan adalah negara penting berikutnya yang memutuskan untuk bergabung dalam kelompok yang meresmikan pernikahan sesama jenis yaitu Cina. Hongkong dan Macau sih akan lebih duluan menyetujui ini sebelum Cina ikut setuju. Tetapi sekalipun mereka tidak bisa memaksa cina, mereka akan memberi contoh yang baik kepada Cina tentang bagaimana pernikahan sesama jenis ini akan berdampak pada masyarakat cina. Cina akan butuh waktu cukup lama, dan mereka nggak akan terus terang persetujuannya karena alasan HAM. Tetapi merek akan menggunakan alasan untuk memberikan kehidupan lebih baik pada anak muda China yang rasio jumlah pria dan wanitanya nggak imbang. But still, bergabungnya Cina akan menjadi langkah penting dalam peta pernikahan sesama jenis di Asia

Setelah cina, baru deh si pengecut yang kaya raya yaitu Singapura akan bergabung. Sebelumnya mereka ga mau bergabung karena agak sok keuhkeuh dengan peraturan mereka sendiri. Tetapi ketika semakin banyak yg bergabung, baru deh mereka ikutan.

Berikutnya Korea selatan dengan komunitas agamanya yang cukup kuat dan masyarakat yang sekalipun sangat memuja pria bermuka cantik dengan alis rapi, tetapi butuh waktu juga untuk menerima ini semua. Masyarakat Korea sendiri sebenarnya ga terlalu peduli dengan hubungan LGBT membuat butuh waktu agak lama untuk pemerintahnya mau mulai peduli untuk membuat usaha ke arah sini

Philippine negara lain yang sebenarnya ga pernah terlalu bermasalah dengan LGBT, tetapi memiliki akar agama katolik yang sangat kuat akan butuh waktu untuk ikut bergabung. Setelah Duarte tidak menjabat presiden lagi deh kayaknya baru Philippine mulai ngomongin ini dan akhirnya menyetujui ketika semakin banyak yang mengikuti

Negara berikutnya adalah India yang akhirnya meresmikan karena protes dari masyarakatnya sendiri yang mulai semakin bisa menerima LGBT ketika melihat begitu banyak negara yang bergerak. Apalagi pada saat itu, hampir semua negara persemakmuran sudah mendukung. Tetapi India tidak akan memulai perbincangan mengenai ini sejak Australia juga menyetujui pernikahan sesama jenis. Sebagai sesama negara persemakmuran penting, India akan lebih mengambil sikap menunggu dan ga masalah menjadi yang agak telat

Setelah itu akan ada banyak negara kecil lainnya yang berlomba lomba untuk juga menyetujuinya sekalipun beberapa negara seperti Pakistan dan Afganistan akan menunggu

Bagaimana dengan Indonesia?

Kemungkinan pada saat itu terjadi Indonesia masih akan teguh pada penolakannya untuk beberapa lama. Dan itu akan berlangsung agak sedikit lama sampai akhirnya ketika semakin banyak kalangan tua yang pensiun, dan semakin banyak anak muda yang moderat memiliki posisi penting dalam pemerintahan. Butuh waktu agak lama sih, tetapi Indonesia pasti akan ikut menyetujui dengan berbagai batasan dan keribetannya. Tetapi atas nama HAM, Indonesia akan ikut bergabung.

Nah negara mana yang terakhir bergabung? Kemungkinan Malaysia (selain negara negara timur tengah yah) . Sebagai negara Islam pasti negara akan butuh waktu sangat lama untuk menerima ini. kemungkinan mereka akan memulai dengan tutup sebelah mata ketika keturunan Tiong Hoa dan India melakukan berbagai upacara pernikahan tidak resmi untuk pasangan sesama jenis, sampai akhirnya mereka meresmikan dengan penuh peraturan untuk keturunan Melayu yang beragama Islam.

Negara di asia tenggara yang ga akan pernah menyetujui pernikahan sesama jenis? Brunei jawabannya. Sepertinya selama Sultan dan keluarganya masih menjadi pemimpin negara, dan negara mereka masih kaya, mereka tidak akan pernah mengijinkan ini terjadi

Butuh waktu berapa lama untuk itu sampai terjadi semua mimpi ini? Untuk Indonesia sepertinya butuh sekitar 30an tahun lagi. Untuk negara seperti Cina kayaknya ga sampai 10 tahun sih.

Bakal kejadian ga seperti ini? Yah ga tau juga sih. Mudah2an malah lebih cepet yah semua. Mungkin dalam 10 tahun ke depan semua negara tiba tiba melunak dan menerima. Mungkin dalam 10 tahun ke depan Alien menyerang bumi dan kita lupa soal ini. Mungkin dalam 10 tahun ke depan kita masih sama aja seperti ini.

We never know:) But we will never stop hoping and wishing:)

But anyway, congrats Taiwan:) So proud of you

4 komentar:

  1. Bagaimana dengan negara-negara​ Asia tengah dan Barat, seperti Nepal, Bhutan, Israel, pecahan uni Soviet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara negara kecil yg sekitaran India kayaknya akan nunggu India. Kalo pecahan sovyet sih nunggu negara negara eropa timur dulu, krn kalo nunggu Rusia mah lamaaaa. Selama masih putin bakal susah

      Hapus
  2. Nepal dan Bhutan termasuk negara Budhis yang sangat toleran. Penerimaannya terhadap LGBT sangat terbuka. Di ajaran Budha diajarkan semua ada karma & hukum sebab dan akibat. Mereka diajarkan bisa menerima perbedaan dan tolerir terhadap mereka yang berbeda. Bhutan dan Nepal bakalan menjadi negara kecil yg akan mengikuti jejak langkah TaiWan dan Thailand. Dipastikan negara yang mayoritas agamanya Budha bakalan menjadi pioner negara2 di Asia yg melegalkan pernikahan sesama jenis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, setuju. Makanya myanmar dan Laos ga akan lama untuk ngikut mereka juga

      Hapus