Rabu, 22 Maret 2017

What's not to say to your friend with HIV


Semakin banyak dan semakin sering kita mendengar orang yang HIV + akhir akhir ini. Sekalipun secara global katanya percepatan penyebarannya sudah menurun, tetapi ga tahu kenapa di Indonesia akhir akhir ini malah semakin sering mendengar mengenai orang yang positif.

Kalau kamu sampai ada teman kamu cerita kalau dia positif, ada beberapa hal yang sebaiknya jangan kamu katakan atau tanyakan pada mereka

1. "Kok baru cerita sekarang?"
Setiap orang butuh waktu untuk menerima berita mengenai status positifnya. Setelah mereka bisa menerima untuk diri mereka sendiri, mungkin baru mereka siap berbagi cerita itu ke teman temannya yang lain. Dan jangan paksakan mereka untuk bercerita ketika mereka belum siap.

Daripada tanya itu, mending kamu katakan pada dia
"Terima kasih sudah mau cerita sama aku. Aku benar benar menghargai kejujuran kamu. Kasih tau aja kalau ada yang bisa aku bantu yah. Anytime"

2. "Kamu kenanya dari mana?"
No one know for sure. Dengan bertanya seperti ini, kamu malah seolah olah ngejudge dia untuk ceritain semua kisah "nakal"nya yang berujung pada statsunya sekarang ini. Bisa jadi dia pernah bareback beberapa kali dengan orang yang tidak dia kenal, bisa jadi dia pernah ga sadar kondomnya sobek sampai udah kelar, bisa jadi dia benar benar ga ingat darimana. Belum tentu juga dia mau ceritain detail itu kalau itu sesuatu yang dia mau keep private

Daripada tanya itu, mending kamu katakan pada dia
"Bagaimana sekarang kamu menanganinya?" agar dia bisa share tentang yang menjadi beban pikirannya, dan kamu bisa bantu dia menjadi pendengar yang baik untuk dia

3. "Jadi kamu udah kena AIDS?"
Sekarang dengan canggihnya pengobatan untuk HIV, kemungkinan besar teman kamu ga kena AIDS kok. AIDS itu dulu adalah kondisi parah untuk mereka yang hidup dengan HIV dan tidak memperoleh pengobatan sehingga T-cellnya bisa drop di bawah garis normal sehingga daya tahan tubuhnya menurun dan rentan terhadap komplikasi berbagai penyakit lainnya. Skrg sih kalau dia mendapat pengobatan yang benar, AIDS itu harusnya ga jadi sesuatu yg perlu kamu khawatirkan

Daripada tanya itu, mending kamu tanyain dia
"Bagaimana pengobatan kamu skrg?"
Menurut data, hanya sekitar 30% dari mereka yang mendapatkan pengobatan, melakukannya secara rutin. Mereka butuh dukungan dari orang orang sekitarnya untuk bisa melakukan itu dengan benar sehingga mereka dapat hidup dengan sehat

4. "Wah, kamu udah ga boleh ML ama siapapun yah berarti"
Mereka yang hidup dengan HIV tetap bisa melakukan hubungan badan kok. Yang penting mereka harus sadar dengan resikonya, memberitahukan resiko itu pada partnernya, dan melakukan tindakan pencegahan yang dibutuhkan.

Daripada ngomongin itu, mending kamu beritahu dia
"Kamu akan tetap bisa hidup dengan normal kok, pengobatan untuk HIV skrg udah maju banget."
Ga ada salahnya kok selalu kasih tau mereka sesuatu yg sudah mereka ketahui, tetapi perlu mereka dengar terus menerus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar