Minggu, 25 September 2016

What to do when you find out you've cheated on


Selingkuh bukan hal baru dalam urusan hubungan pacaran, dalam dunia straight maupun gay.  Memang sih di dunia kita dengan hormon tingkat tinggi yang kadang agak mengaburkan batasan kesetiaan karena setiap pihak yang teribat sepertinya memiliki keinginan yg sama untuk melakukan hal yg terlarang.

Belajar dari beberapa kasus drama perselingkuhan yg berakhir drama dan air mata tanpa berkesudahan, mungkin bisa diingat beberapa hal di bawah ini apabila kamu berada diposisi yang tidak mengenakkan yang menjadi korban perselingkuhan.

1. Selalu pastikan fakta sebelum emosi
Apa persisnya yang dilakukan oleh mereka? Apakah dia chat jorok diam diam di grindr, atau dia video call jorok, atau dia kencan diam diam, atau dia have sex dengan orang asing di sauna gym, atau dia liburan berdua diam-diam? Apakah kamu punya buktinya? Apakah ini pertama kalinya atau berulang?  Apakah dia benar benar melakukannya atau kamu hanya dengan dari teman? Apakah teks whatsapp yang kamu baca sekilas itu benar benar seperti yang kamu kira? Apakah cowok cakep yg foto dengan dia itu benar adalah teman kantornya? Apakah teman yang ceritain soal selingkuhan dia ke kamu itu bisa dipercaya?

Sebelum kamu tahu semua fakta jangan melakukan apapun yang hanya berdasarkan info info ga jelas atau kabar burung, ga peduli burung siapapun itu. Jangan langsung samperin dia sambil bernangis-nangis ria. Atau malah langsung hancurin mobil dia ketika dgr gosip dia kedip-kedipan dengan brondong sebelah rumah.

2. Tahan diri sejenak 
Setelah kamu menemukan semua fakta, berikan waktu sejenak untuk kamu menelan semua fakta itu. Ada baiknya juga kamu berbagi itu dengan seorang teman yang bisa kamu percaya karena informasi bahwa pasanganmu berselingkuh pasti akan sangat menyakitkan untukmu. Ambil waktu yang kamu butuhkan. Jangan diburu-buru. Pura-pura harus liburan keluarga sejenak, atau urusan kerjaan. Tapi ga perlu sampai menghilang mendadak sampai membuat panik sedunia. Menangis lah kalau kamu perlu, putarlah semua lagu sedih yang kamu suka dan makanlah es krim yg kamu mau. Biarkanlah tubuh dan pikiran menerima terlebih dahulu semua fakta itu karena setelah kamu tenang dengan semua kesedihan, pikiranmu akan dibutuhkan untuk memikirkan rencana selanjutnya

3. Setelah tenang, mulai pikirkan baik baik
Saatnya kamu pikirkan baik baik semua hal yang terjadi. Apakah kamu merasa bahwa yang dilakukannya itu terlalu fatal? Atau kamu merasa ini kesalahan yang memang karena dia bodoh dan lupa diri sejenak? Apa yang kira kira membuat membuat dia berbuat seperti itu? Bagaimana status hubungan kalian pada saat ini? Apakah kalian pernah berdiskusi mengenai batas "selingkuh" yang disetujui? Apakah dia mulai berubah akhir akhir ini? Apakah kira kira dia akan menyesal? Apa kemungkinan terburuk yang terjadi? Bagaimana caranya menghadapi semua ini?

4. Omongin baik baik
Ini adalah saat konfrontasi yang paling berat dari sisi emosional karena ini akan menentukan arah hubungan kamu berikutnya. Jadilah pria dewasa dan lakukan ini dengan cara dewasa. Jangan sebarkan foto telanjang dia yang pernah dia kirim dulu ke kamu. Jangan telpon ke nyokapnya dan ceritakan semua detil hal yang dilakukan anaknya dengan kamu. Jangan samperin selingkuhannya dan jambak rambutnya karena pacarmulah yang melakukannya pada kamu, bukan dia. We can deal with him later. Jangan samperin dia di kantor jam 2 siang dan jerit jerit sambil nangis karena dia mengkhianati mu. Jangan pula langsung hindarin dia dan nggak mau ketemu dengan dia sebelum kamu ketemu dengannya untuk menyelesaikan ini

Ajak dia bertemu di tempat yang private dimana kalian bisa duduk dan ngomongin baik. Tempat dimana kalian bisa nangis, teriak atau diam diaman saja berjam-jam tanpa diganggu yang lain.

Mulai dengan beritahu dia semua yang kamu ketahui. Mintalah dia untuk mendengarkan semuanya dan membiarkan kamu bicara terlebih dahulu. Setelah kamu selesai, mintalah dia untuk menanggapinya. Boleh jerit-jerit, tp jangan sampai menggunakan kekerasan.

5. Decide and move on
Apapun keputusan kalian, baik memutuskan untuk tetap melanjutkan hubungan kalian atau kalian memutuskan untuk mengakhiri hubungan kalian, jadilah pria dewasa untuk menjalankan keputusan itu dengan benar.

Kalau kalian memutuskan untuk melanjutkan hubungan kalian, diskusikanlah apa yang bisa kalian lakukan sebagai pasangan. Kalau kamu memutuskan untuk memaafkan dia, maafkan dengan sepenuh hati. Kalau kamu belum bisa memaafkan mungkin kamu butuh waktu, mintalah waktu padanya. Kalau kamu benar bisa memaafkan dia sepenuh hati, jangan ungkit terus terusan untuk menghukum dia setiap kali kalian berantem

Kalau kalian memutuskan untuk mengakhiri hubungan kalian, pisahlah baik baik. Jangan menjadi mantan phsyco yang ga bisa move on tp marah marah terus. Jangan minta putus hanya karena kamu ingin mengancam dia. Jangan minta putus hanya karena ingin dia menyesal ketika dia menunjukkan penyesalan. Mintalah putus karena kamu merasa perbuatannya tidak bisa dimaafkan, dan kamu akan menjadi lebih baik tanpa dia di kemudian harinya

6 komentar:

  1. kok ini arrikel ini saya banget ya min yg baru di selingkuhi #hiks

    BalasHapus
  2. When you've been cheated on, just think like this,"What would Taylor Swift do?"
    Thank gay god I've never been cheated on, because I never had any boyfriend *sigh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. write a song and make a fortune out of it:D

      Hapus
  3. plaakk bacaa ini keingat kejadian sama mantan tertaik. haahha lagi commiit bulan puasa gak have sex, tau nya lebaran ke berapa gtu dia having sex with someone i know.. sakitt bgt. spontan gtu ini tangan ke pipi doi.. tpi setelah itu kita ngobrol panjang dan jadi tambah sayang satu sama lain.. sampai akhir nya gw harus rela dia nikah samaa perempuan :'(.. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. you should write a story about it:) Sound very interesting:)

      Hapus