Rabu, 04 Mei 2016

Masih soal selingkuh


Beberapa waktu lalu sempat membuat postingan di blog tentang tindakan seperti apa saja sih yg dianggap selingkuh, dan mana yang bukan. Ternyata memang pendapat orang berbeda beda. 

Karena ekstrimnya perbedaan persepsi tersebut, kita coba bikin polling sederhana di twitter untuk sebuah hal yang mendasar banget dalam sebuah hubungan. Kita coba tanya apa itu selingkuh menurut mereka. Batasan yg kita pakai di pertanyaan polling itu adalah "cinta". Kita ingin tahu berapa banyak orang yang setuju dengan pendapat bahwa kalau ga pakai perasaan itu belum selingkuh namanya. Jadi kalau ML atau fun fun kecil tanpa perasaan itu tidak termasuk selingkuh. Kita ingin tahu berapa banyak yang akan setuju dengan hal itu dan berapa yang tidak setuju. 

Dan hasilnya mengejutkan banget sih. Sekalipun tetap lebih banyak yg ga setuju, tetapi jumlah yg setuju juga lumayan banyak. Ga jauh beda bahkan

Ga ada yang benar dan salah sih di dalam soal pendapat ini. Ini adalah cuma sekedar perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat yang bisa berakibat sangat fatal. 

Kebayang nggak kalau ada dua orang yang berbeda pendapat tentang ini menjadi pasangan. Di tengah hubungan mereka, ketika salah satu melakukan ONS dan ketahuan sang cowok, pasti mereka akan berantem parah. Satu menganggap itu adalah perselingkuhan. Sementara yang lain berpendapat karena itu ga pakai perasaan, dan dia bahkan ga tahu nama org yg diajak ONS, itu bukan selingkuh namanya. Berantem yang jelas akan membuat sakit hati, drama dan akhirnya putus. 

Perbedaan mendasar seperti itu tampaknya sangat berpotensi untuk menjadi masalah kalau sudah pacaran. Ketika "menjaga kesetiaan" mempunyai arti yang begitu berbeda untuk setiap orang. 

Jadi alangkah baiknya ketika kita mau memulai hubungan dengan seseorang, kita juga membahas hal ini. Coba diskusikan aja batasan batasan kesetiaan seperti apa yang diharapkan, Yah ga usah sampai langsung tanya "menurut kamu sejauh mana baru dianggap selingkuh, dan mana yg bukan?" Yang ada nanti malah takut duluan orang orang. Bisa dengan cara coba ceritain aja kasus beberapa teman yang selingkuh atau yang pacarnya selingkuh. Trus tanya tanya pendapatnya. Dr situ kamu bisa tentukan apakah dia punya pandangan yg sama dengan kamu. 

Tetapi sekali lagi, ga ada yang benar dan salah yah. Ini cuma sekedar untuk menyamakan persepsi sebelum melakukan suatu hal penting bersama. Bisa saja ternyata punya pandangan cocok, dan jadian. Atau punya pandangan beda trus diskusi dan ketemu jalan tengah trus jadian. Atau punya pandangan beda, sepakat open relationship. Atau pandangan cocok di satu hal ini, tetapi berbeda soal hal hal lain

Terdengar ribet yah kalau mau pacaran:) Yah namanya juga menyatukan dua pribadi yang berbeda untuk melakukan suatu hal bersama. Nothing good come easily though:)


3 komentar:

  1. Mungkin ada beda antara nakal atau selingkuh.. kalo ke sauna atau pijit plus2 mgkn sebutannya nakal... kalo sampe janjian untuk ketemuan itu udah selingkuh 😅😅

    BalasHapus
  2. As simple as, ketika kita menghapus chat kita sama orang lain, biar pacar ga tahu or baca, we know deep within, kita uda selingkuh.

    Pertanyaannya, pas kita "fun fun kecil" itu dengan atau tanpa sepengetahuan pacar kita?

    BalasHapus
  3. selingkuh itu pake hati jiwa dan raga, kalau cuma makelop gak pake hati tapi napsu aja, itu berapa persen dikatakam selingkuh?
    Kalau mikir ml ma org lain pas ml ma pasangan, selingkuh juga ya??

    artinya sih...selingkuh itu alarm, kita dah gak cocok, dan bertahan dalam kebodohan kalau kita baik baik aja ma pasangan

    BalasHapus