Selasa, 02 Juni 2015

Pink Dot Taiwan


Acara Pink Dot yang dimulai di Singapura, kini juga dilakukan di Taiwan untuk keempat kalinya, tepatnya sabtu kemarin di Huashan Creative Park di kota Taipei. Acara ini diorganisir oleh sebuah oraganisasi bernama Gay Lesbian Awakening Day (GLAD) bersama para mahasiswa dari berbagai universitas di Taiwan.


Dikabarkan ada sekitar 1000 orang yang mengikuti acara dan berada di taman di sepanjang acara. Sementara bersama dengan mereka yang datang dan pergi, total ada sekitar 3000 orang yang menghadiri.


Pink Dot sendiri pertama kali diadakan diTaiwan pada tahun 2011 di Kaoshiung. Dua acara Pink Dot lain diadakan ditahun ini yaitu pada saat Kaoshiung LGBT pride pada tanggal 16 Mei dan National Cheng Kung University di Tainan tanggal 17 Mei.


Acara LGBT Pride sendiri setiap tahunnya di Taiwan dihadiri lebih dari 50.000 peserta. Para panitia Pink Dot di Taiwan berharap Pink Dot bisa menjadi wacana berbeda untuk komunitas LGBT di Taiwan. Terutama karena mencontoh dari Pink Dot di Singapura bagaimana komunitas LGBT menggunakan event Pink Dot ini untuk menjalin komunikasi dengan berbagai kelompok masyarakat di luar LGBT itu sendiri. Menurut mereka eksistensi komunitas LGBTnya sendiri di masyarakat masih perlu komunikasi yang lebih erat dengan masyarakat maintsream


Anyway, semoga dengan semakin banyaknya wadah untuk komunitas LGBT di Taiwan, Taiwan akan menjadi negara yang semakin friendly dan akomodatif untuk kita semua. Dan siapa tahu akan menjadi salah satu negara asia pertama yang menempatkan komunitas LGBT sejajar dengan yang lain untuk menikah secara resmi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar