Senin, 25 Mei 2015

Ireland say YES


Irlandia menjadi salah satau negara terbaru yang meresmikan pernikahan gay. Ini menjadi salah satu momen bersejarah untuk perjuangan hak LGBT karena hal tersebut terwujud melalui pemungutan suara publik. Biasanya pernikahan gay terjadi di sebuah negara karena pemerintah negara tersebut menjalankannya sebagai salah satu kebijaksanaan negara tanpa melibatkan suara publik. Dan hebatnya lagi pemungutan yang menghasilkan sekitar 2/3 suara yang setuju, terjadi di salah satu negara yang memiliki akar agama sangat kuat. Padahal sekitar 22 tahun lalu, menjadi gay masih dianggap sebagai tindakan kriminal dimata hukum.

Di kota kota besar, jumlah pemilih yg memilih setuju mencapai hingga 80 persen. Di daerah daerah yg lebih terpencil selisih suara tidak terlalu jauh. Tetapi ini membuktikan bahwa sebagian besar masyarakat Irlandia setuju bahwa setiap orang berhak untuk menikahi orang yang dicintai, tanpa peduli apapun orientasi seksualnya.

Jadi penasaran lagi, kalau Jokowi iseng ngadain pemungutan suara nasional skrg di Indonesia untuk menyetujui pernikahan sesama jenis, berapa persen yah yg akan menyetujuinya? 5%? 10%? atau jangan jangan sudah 60%. Here are few picture to see their excitement that I got from here












2 komentar:

  1. mas, kalo bikin post yg ada foto nya kaya gini gak masalah apa gak dicantumin sumbernya?

    BalasHapus
  2. lupa kemarin. Biasanya selalu kita kasih sumber kok. Tuh dah di tambahin

    BalasHapus