Minggu, 19 April 2015

Gay Mural in Dublin

By David Sexton

Irlandia akan menjadi negara berikutnya yang mungkin akan mengikuti jejak negara lain untuk meresmikan pernikahan gay. Pada tangan 22 Mei 2015 nanti akan ditentukan bagaimana nasib Irlandia ini. Sebuah mural berukuran raksasa menggambarkan dua pria berpelukan karya seorang seniman bernama Joe Caslin dan fotografer bernama Sean Jackson berdiri di tengah kota Dublin. Hasil karya tersebut dikerjakan oleh Joe Caslin berdasarkan sebuah foto karya Sean Jackson dalam waktu semalam suntuk.

Foto yang menjadi "contekan"
Mural ini sempat membuat heboh karena topik pernikahan gay ini sendiri masih menjadi bahan perdebatan di negara yang sangat taat dengan agama katolik tersebut. Pihak yang tidak mendukung pernikahan gay menganggap mural sebagai propaganda yang tidak adil karena membuat orang menjadi lebih mendukung pernikahan gay.  Bahkan gambar mural ini sempat di lempar telur segala.


Ukuran mural ini sendiri yang besar membuat agak sulit buat mereka yang tidak senang dengan kehadirannya melakukan sesuatu. Mereka melaporkannya sih ke pihak berwajib. Tetapi untuk gambar mural seperti itu, selama ada persetujuan dari pemilik properti dan senimannya, dan tidak ada gambar iklannya, itu sah sah aja sih dipasang



Selain mural ini, juga ada gambar lain di kota Dublin dengan gambar seorang wanita yang sedang mencium wanita lainnya. Karena ukuran gambar ini yang lebih kecil, tidak butuh waktu lama untuk gambar ini dirusak. Ada orang yang mencoret mulut kedua wanita ini agar mereka tidak terlihat seperti berciuman


Tetapi oleh seniman yang melukisnya, dengan segera setelah vandalisme ini terjadi dia melukis kembali untuk mengembalikan gambar aslinya.


Selain kedua gambar mural tersebut, mulai bermunculan juga gambar gambar lain yang mendukung kesetaraan hak gay tersebut.  Semoga sukses yah tanggal 22 Mei nanti untuk masyarakat Irlandia:)

1 komentar: