Minggu, 15 Februari 2015

We do!


Sebuah aplikasi sejenis Grindr di Cina yg bernama Blued bekerja sama dengan Taobao, marketplace milik Alibaba, salah satu perusahaan raksasa teknologi yg berasal dari Cina mengirim sepuluh pasang LGBT dari Cina untuk melakukan pernikahan ke US sebagai bagian dari Valentine campaign mereka. Program yang di sebut "We Do" ini memilih 10 pasangan LGBT berdasarkan voting oleh publik untuk menjadi pemenang yg akan menikah dan berbulan madu di Amerika.


Mereka juga bekerja sama dengan organisasi LGBT "Beijing LGBT Center" dan "PFLAG China" dalam program ini. Saat ini kita bisa melihat 20 pasangan yg menjadi semifinalis dan video 30 detik tentang kisah mereka sebagai pasangan di link ini. Dari 20 finalis ini, publik bisa memilih pasangan favorit mereka dari periode 6-9 Feb. 75 ribu vote diperoleh dalam waktu singkat tersebut.


Bagi Taobao ini adalah pertama kalinya mereka melakukan program yang berkaitan secara khusus dengan komunitas LGBT. Menurut juru bicaranya, mereka ikut terlibat semata mata karena ingin meningkatkan kesadaran orang orang terhadap komunitas LGBT agar dapat lebih mengerti dan menghargai mereka.


Banyak yang mengatakan bahwa ini adalah keputusan bisnis semata karena memang komunitas LGBT lebih banyak membelanjakan uang mereka baik untuk keperluan sehari hari dan liburan. Selain itu juga ada beberapa sponsor lain dari program ini seperti Bliss yg menjual seprei dan sarung bantal bertemakan gay. Bukan tidak mungkin juga paket perjalanan ke California untuk melangsungkan pernikahan akan menjadi tawaran khusus di Taobao setelah program ini selesai. Tp yang jelas seneng aja sih ngeliat komunitas gay mendapat perhatian seperti itu di negara Asia yang masih sangat konservatif

1 komentar:

  1. Reading this made me so so happy! Semoga semangat ini sampe ke perusahaan-perusahaan indonesia juga ya. Amen! :)

    BalasHapus