Senin, 23 Februari 2015

GAYTM is vandalized by who?


GAYTM atau Gay Atm milik ANZ diperkenalkan di Sydney tahun oleh pada acara MArdi Gras. Pernah kita bahas di sini sih. Waktu itu kita sepat agak skeptis karena kelewat heboh dan agak agak komersial numpang ke komunitas gay. Tp dihargain lah niatnya. Dan visibilitynya sendiri bagus kok untuk memperlihatkan dukungan mereka.


Pertamanya semua mengira ini adalah serangan dari orang orang yang tidak senang karena mesin ATMnya menjadi terlalu gay. Yang ga suka dengan komunitas LGBT dan merasa terganggu. Pihak ANZ segera menanggapi serangan homophobic ini dan melibatkan tenaga hukum. Tetapi ga lama kemudian sebuah kelompok bernama "Queer for injustice" mengakui bahwa itu adalah serangan dari mereka. Kelompok ini mengakui bahwa mereka terpaksa mengakui itu adalah perbuatan mereka karena serangan mereka malah disalah artikan sebagai serangan homophobic. Mereka agak agak ga rela "kerja keras" mereka malah disalahartikan.


Kelompok ini mengatakan bahwa tindakan mereka yg mereka sebut "pink washing" dimaksudkan sebagai bentuk protes pada perusahaan yang memberikan dukungan pada komunitas LGBT sebagai bentuk pengalihan perhatian dari perbuatan negatif perusahaan tersebut. Mereka mengatakan bahwa pihak ANZ secara sengaja tidak memperhatikan catatan yang mereka tinggalkan di deket mesin ATM tersebut yang menjelaskan arti penyerangan mereka. Dan perbuatan buruk apa dari si ANZ sampai mereka serang? Menurut mereka karena ANZ hanya memberikan dukungan pada komunitas LGBT kaya lewat dukungan mereka dan melupakan komunitas LGBT yg lain.

Tetapi pihak ANZ sendiri akhirnya menanggapi bahwa mereka tidak membaca catatan mereka karena mereka menempelkan pesan itu di mesin atm sebelum catnya di tumpahkan ke mesin ATM. Jadi teksnya sudah keburu kesiram cat semua dan ga kebaca.


Agak absurd yah. Agak lebay juga. Memang sih mesin ATM ini sendiri juga agak lebay, tetapi any support is a appreciated support. Tetapi sampai namanya vandalisme tanpa alasan jelas dan clumsy seperti itu juga parah. Jangan lebay dan drama drama deh kalo beginian

1 komentar:

  1. Kenapa warna secolourfull itu di identikan dg gay padahal gay kan sisi manly nya lebih dominan, warnanya alay norak banget lah... warna bencong, bukan warna gay.!!

    BalasHapus