Selasa, 03 Februari 2015

First High profile Gay Wedding in Vietnam


Pernikahan semakin mendekati negara kita. Setelah bulan lalu pemerintah Vietnam mengumumkan bahwa mereka mengijinkan pernikahan gay untuk diadakan di Vietnam sekalipun belum ada ikatan resmi di mata hukum untuk pasangan gay tersebut.


Pernikahan gay pertama oleh selebritis di Vietnam dilangsungkan tidak lama kemudian. Perancang Vietnam yang bernama Adrian Ann Thuan menikah dengan kekasihnya Son Duan, seorang pengusaha dalam pernikahan mewah yang pantas mendapat liputan khusus semalam suntuk layaknya pernikahan Raffi di Indonesia. Perancang Adrian juga terkenal sebagai salah satu juri dalam Vietnam Next Model. Pernikahan mewah yang diadakan secara private dengan 50 orang tamu ini mengundang cukup banyak perhatian karena perhatian media tertuju kepada pernikahan ini yang merupakan pernikahan high profile pertama sejak pemerintah mereka memperbolehkan pasangan gay menikah di Vietnam


Pasangan yang telah saling kenal selama 5 tahun ini mengatakan sebenarnya semula mereka ingin mengadakan pesta tertutup. Tetapi karena animo publik dan media, mereka akhirnya mengijinkan wartawan meliput pernikahan mereka. Bahkan seminggu setelah pernikahan mereka mengatakan konferensi pers untuk menjawab pertanyaan publik mengenai pernikahan mereka. Respon dari masyarakat vietnam sendiri juga cukup positif.


Ternyata Vietnam menjadi negara pertama yang mendukung pernikahan sesama jenis yah di Asia Timur. Kemajuannya lumayan menakjubkan yah. Mungkin beberapa tahun lalu pernikahan gay masih sebuah mimpi yang hanya dapat diraih oleh mereka yang diboyong bule untuk dikawini di belanda. Tetapi tahun lalu pernikahan gay menjadi semakin marak ketika semakin banyak negara yang meresmikannya. Dan tahun ini dibuka dengan pernikahan gay yang diadakan semakin dekat dengan negara kita. Semoga semakin cepat berkembangnya yah agar kita semua dapat memperoleh hak yang sama untuk mengikat janji sehidup semati dengan orang yang kita cintai.






2 komentar: