Selasa, 24 Februari 2015

Fakta penting dunia LGBTI Part 1 (no.1 - 25)


Dari Gay Star News kita nemuin 50 fakta mengenai LGBTI (apa itu LGBTI? kok ada tambahan I? nanti akan kita jelasin di posting lain yah)

1. Pornografi tertua di dunia yang berusia sekitar 3000 tahun menampilkan pasangan pria dan pria, wanita dan wanita, dan tentu saja wanita dan pria

2. Kalau sekarang mungkin sebutnya archive chat yah. Tapi salah satu catatan percakapan tertua ternyata antara 2 pria yang berasal dari sebuah cerita dari dinasti ke 20 di jaman mesir kuno antara Hours dan Seth yg bertengkar mengenai siapa yg harusnya memimpin. Seth berusaha merayu Hours untuk tidur dengannya dengan kata kata "Oh indahnya bokongm! Berototnya pahamu!" Dan kemudian berakhir dengan mereka berhubungan seks

3. Di mesir, dua Manicurist kerajaan bernama Niankhkhnum dan Khnumhotep ditemukan dalam sebuah kuburan bersama sebagaimana layaknya pasangan yang telah menikah. Dan tulisan di makamnya adalah "Bersatu dalam kehidupan, dan bersatu dalam kematian". Karena mereka hidup di sekitar tahun 2400 sebelum masehi, mereka dianggap sebagai pasangan gay tertua yang dikenali

4. Beberapa tokoh sejarah yg gay dan bi berusaha menjadikan kekasih mereka sebagai dewa ketika mereka meninggal. Alexander the Great ingin menjadikan kekasihnya Hephaestion menjadi seorang dewa ketika dia meninggal. Tetapi dia hanya diperbolehkan memberi dia gelar Divine Hero. Seorang kaisar Roman bernama Hadrian berhasil membuat kekasihnya Antinous menjadi seorang dewa ketika dia tenggelam di sungai nil

5. Gereja meresmikan pernikahan gay di masa masa Dark Ages antara seorang kaisar Byzantine Basil 1 (867 - 886, cuma berumur 19 tahun btw umurnya) dan kekasihnya John

6. Dalam sebuah cerita mitos terbentuknya dunia oleh Aristophanes, pada mulanya ada 3 jenis manusia, pertama yg berasal dari matahari yang memiliki dua kepala pria, kemudian ada yang dengan dua kepala wanita yang berasal dari bumi. Dan terakhir yang berasal dari bulan dengan dua kepala masing masing kepala pria dan wanita. Karena tidak puas dengan hasilnya, Zeus membelah mereka masing masing menjadi dua. Sejak saat itu menurut mitos itu orang selalu mencari belahan hatinya agar dapat menjadi satu hati yg utuh. Ini dikenal dengan asal muasalnya cinta. Jadi cinta ada yang antara pria dan pria, wanita dan wanita, dan terakhir pria dan wanita

7. Mercury adalah simbol pria dan wanita dalam harmonisasi. Dan dalam mitologi, Mercury punya anak yang bernama Hermaphroditus, yg memiliki alat kelamin pria dan wanita

8. Yunani kuno tidak percaya dengan konsep heteroseksual maupun homoseksual. Mereka cuma percaya dengan "aktif" dan "pasif". Bentuk hubungan seks sesama jenis yang paling umum adalah ketika seorang mentor yang lebih tua, erastes menjadi kekasih untuk pria yang lebih muda, eromenos. Mereka percaya bahwa sperma adalah sumber pengetahuan dan harus di berikan dari sang mentor kepada muridnya

9. Ada sebuah pasukan yang terdiri dari 150 pasangan gay berasal dari Thebes yang mengalahkan pasukan Sparta, dan terus menjadi pasukan yang tidak terkalahkan selama 30 tahun.  Hollywood mau bikin film tentang pasukan Thebes ini nggak yah?

10. Di Cina Kuno, homoseksualitas dikenal dengan istilah "lengan baju yang terpotong" karena ada cerita tentang seorang raja yang rela memotong lengan bajunya ketika kekasihnya tertidur di atas tangannya agar dia tidak membangunkan sang kekasih yg terlelap manis. Ada juga istilah "kenikmatan atas buah peach yg tergigit" Agak aneh sih yah terjemahan dari "Pleasure of the Bitten peach". Ceritanya sih tentang seorang pria tampan yg menjadi kekasih pejabat. Ketika dia masih tampan, dia pernah mengigit sebuah peach yg saking manisnya langsung di tawarkan kepada sang pejabat. Sang pejabat terharu dengan sikap si pria tampan yg lebih mementingkan sang pejabat daripada kenikmatannya sendiri. Tetapi ketika sang pria tampan semakin tua dan pudar ketampanannya, atas kesalahan kecil sang pejabat menuduh dia sebagai pria yang berani memberi dia buah peach yg sudah termakan setengah. Kasihan yah

11. Hinga tahun 1400an, kata "Girl" digunakan untuk istilah anak kecil berjenis kelamin apapun. Untuk membedakan anak cowok atau cewek, yang cowok di sebut "knave girls" dan yang cewek "gay girls"

12. Kata Drag ternyata adalah sebuah singkatan oleh shakespeare yang kepanjangannya adalah "Dressed Resembling A Girl". Si Shakepeare hobi amat yah bikin singkatan kayak orang Indonesia aja

13. Pengadilan Virginia tahun 1629 mencatat pertama kalinya tentang seseoang bernama Thomas(ine) Hall yang secara resmi dicatat sebagai pria dan wanita. Agar orang orang tidak semakin bingung, Hall diperintahkan untuk memakai pakaian pria dan wanita sekaligus

14. Awal awab ke17 di London, ada sebuah rumah bordil khusus gay di tempat dimana Buckingham Palace berada hari ini.

15. Nicholas Biddle, seorang penjelajah Amerika mencatat di tahun 1806, ada sebuah suku asli Amerika yg disebut Minitarees, dimana apabila ada anak cowok yg terlihat feminin atau kewanita-wanitaan, maka dia akan ditempatkan bersama dengan para wanita, dipakaikan baju wanita dan kadang dinikahkan dengan pria

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar