Senin, 05 Januari 2015

Gay Marriage is allowed now in Vietnam


Vietnam menjadi negara pertama di Asia yang secara terang terangan mengumumkan bahwa pasangan gay diperbolehkan untuk melangsungkan acara pernikahan di Vietnam tanpa harus takut akan gangguan ataupun denda dari pihak berwajib seperti yang terjadi di beberapa negara lain seperti Singapore atau India yang masih terang terangan memberlakukan undang undang yang dapat memenjarakan gay hanya karena mereka terbukti gay. Keputusan ini sendiri dikeluarkan oleh pemerintahan Vietnam yang berlaku sejak tanggal 1 January 2015. Tepat 6 bulan setelah mereka membatalkan undang undang mereka yang melarang pernikahan gay


Tetapi perlu diketahui bahwa yg diperbolehkan di sini adalah upacara pernikahannya. Pasangan gay diperbolehkan melangsungkan resepsi, upacara, acara adat sampai dengan pengumuman di koran sampai hidup bersama. Tetapi pernikahan mereka masih tidak tercatat secara resmi di pemerintah. Mungkin bagi sebagian orang itu agak nanggung, tetapi tetap saja itu sudah menjadi sebuah langkah besar untuk komunitas gay asia.


Bayangkan saja kamu boleh melangsungkan pernikahan di hotel bersama bf kamu, sebagaimana layaknya pasangan straight. Kalian boleh melakukan upacara adat secara terang terangan kalau mau, atau mau berparade di lobby hotel sampai ke ruang resepsi sambil naik kereta kencana, tanpa harus takut "ini akan di bredel nggak yah sama polisi?", "ini kita akan ditangkap nggak yah sama polisi?". Memang sih cuma resepsi tanpa catatan sipil, tetapi buat mereka yang ingin menguatkan komitmen mereka, pengumuman dan perayaan kebersamaan mereka dalam bentuk cara pernikahan terasa lebih penting dibanding catatan resmi di mata hukum.

Jangan ditanya kita kapan yah:) Tetapi paling ga kita agak bersabar karena angin angin perubahan bertiup semakin dekat nih ke halaman kita. Semoga buru buru nyampenya yah sehingga kita juga bisa ngerasain jadi Raja dan Raja sehari

2 komentar:

  1. Kalo ketahuan gay atau come out ke public di indonesia kira2 ad peraturan yg bakalan penjara in gak ya.??

    BalasHapus
  2. Dari dulu di Israel udah boleh mnylnggrakan upacara pernikahan gay. Jadi bukn yg pertama d Asia :)

    BalasHapus