Selasa, 11 November 2014

Mentri Luar Negeri Latvia Come Out



Pernah dengar negara Latvia? Latvia adalah sebuah negara di daerah Eropa Utara dekat Rusia. Negara ini terkenal menjadi sebagai negara tempat para bangsawan  Rusia menghabiskan liburannya. Tetapi ada satu hal lagi yang baru baru ini membuat Latvia menjadi bahan pembicaraan lagi, yaitu ketika menteri luar negrinya come out sebagai gay.

Menteri Luar negri Latvia yg bernama Edgars Linkevics come out di twitter. Negara kecil dengan penduduk 2 juta ini sebenarnya termasuk salah satu negara yang paling konservatif di Eropa. Bahkan sampai tahun 1992 sebenarnya menjadi gay itu termasuk pelanggaran hukum. Ketika Uni Sovyet bubar akhirnya negara ini  mengadopsi undang undang yang baru yang menghapus peraturan itu.


Tetapi come outnya sang mentri ini bukan sekedar hasil kegalauan sementara. Come outnya ini adalah bagian dari komitmen sang mentri untuk memperjuangkan undang undang di Latvia yang tidak mengakui pernikahan sesama jenis sejak 2005. Edgars sendiri baru menjadi mentri di tahun 2011 dan posisinya sebagai mentri luar negri mungkin tidak akan banyak berpengaruh langsung terhadap perubahan undang undang tersebut. Tetapi paling tidak pengaruhnya dalam pemerintahan dia bisa membuat beberapa petinggi lain mendukung niat tersebut.

So far sih penduduk Negara Latvia mendukung sang menteri ini. Salah tau yg menanggapi dengan agak nyinyir sebenarnya adalah deputi perdana menteri Russia yg menyindir lewat twitter dengan mengatakan "Dia menemukan sesuatu yang bisa dibanggakan. Tentu saja apabila kamu ga punya hal lain yang bisa dibanggakan, paling tidak itu bisa kamu banggakan". Ternyata bapak bapak politis bisa bitchy juga yah

Btw menterti menteri baru kita ada yg mau come out nggak yah?

1 komentar:

  1. jadi inget ama salah satu mantan menlu kita juga katanya doyan cowok juga. Katanya sih...

    BalasHapus