Kamis, 30 Oktober 2014

Tim Cook Come out (for real)


Sebenarnya keberadaan Tim Cook sebagai seorang gay itu ga pernah dirahasiakan baik oleh Apple maupun oleh Tim Cook Sendiri. Cuma memang tidak pernah ada pernyataan resmi bahwa dia adalah gay yang disampaikan kepada umum. Tim Cook merupakan salah satu orang terpenting dalam dunia teknologi dunia saat ini. Banyak yang merasa mungkin Tim Cook tidak pernah menyatakan bahwa dia adalah gay karena dia takut orang akan mengkaitkan produk Apple dengan gay, dan itu bisa membuat orang menghindari produk Apple. Tentu itu bukan hal yang diharapkan oeh Steve Job ketika dia memberikan tampuk kekuasaannya kepada Tim Cook. Tetapi banyak juga yg merasa Tim Cook punya hak sepenuhnya untuk tidak merasa perlu mengumumkan pada seluruh dunia bahwa dia adalah gay. Toh CEO penting lain nggak pernah ada yg merasa perlu mengumumkan bahwa mereka straight kan

Tetapi Tim Cook hari ini melakukan sesuatu yg mengejutkan, yaitu memberitahukan pada publik melalui pernyataan tertulis bahwa dia adalah gay. Bukan semacam pengakuan atau curhat colongan sih. Pernyataan itu terdapat dalam sebuah opini yang ditulisnya untuk Bloomberg.


"Sekalipun saya tidak pernah menyanggah orientasi seksual saya, saya juga tidak pernah secara terangan mengakuinya di depan umum juga, Jadi mari saya perjelas; Saya bangga menjadi seorang gay, dan saya menganggap menjadi gay adalah salah satu berkah terindah yang diberikan oleh Tuhan untuk saya"

Tim Cook selama ini dikenal sebagai pendukung berbagai aktivitas sosial untuk komunitas gay. Dia juga termasuk orang yang berusaha untuk mengusahakan pernikahan untuk gay di Amerika. Pria berusia 53 tahun ini juga ada di balik berbagai keterlibatan Apple dalam beraneka ragam kegiatan bertema LGBT

Menurut tulisannya tersebut dia merasa menjadi gay memberi dia kesempatan untuk mengerti bagaimana menjadi bagian dari minoritas, sebuah pengalaman yg memperkaya pengalaman hidupnya. Dan juga menjadi gay memberi dia kulit badak, sesuatu yg diperlukannya dalam pekerjaannya sebagai CEO Apple.


"Saya tidak merasa saya adalah seorang aktivis, tetapi saya sadar bagaimana saya merasa telah merasakan manfaat dari pengorbanan orang lain. Jadi apabila dengan mendengar bahwa CEO Apple adalah seorang gay, bisa membantu seseorang dalam perjuangannya untuk mengenali dirinya sendiri, atau membantu orang yang sedang merasa kesepian, atau menginspirasi orang lain untuk memperjuangkan hak hak mereka, maka saya rasa itu sepadan dengan privacy yang saya korbankan dengan pengakuan ini"

Thank you Tim Cook. For the Apple and for your decision

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar