Senin, 06 Oktober 2014

10 Mitos dan Fakta seputar HIV


Nah jaman sekarang sepertinya masih banyak stigma masyarakat tentang HIV yang kebenarannya belum bisa di pertanggung jawabkan. Jadi ini kita kumpulkan 10 stigma tentang HIV untuk mengetahui mana yg mitos dan mana yang fakta

1. Kita bisa tau mereka HIV hanya dengan melihat gejala umum

MITOS : HIV tidak akan menimbulkan gejala penyakit. Sehingga kita tidak mengetahui kita benar benar mengidap HIV sebelum kita test darah. That’s why HIV disebut silent killer.

2. Penderita HIV tidak berumur panjang, pasti Vonis Mati

MITOS : jika penderita segera menyadari jika dia mengidap HIV maka ia dapat segera mendapatkan pengobatan dan virus tersebut belum melemahkan system kekebalan tubuh terlalu jauh. Jadi untuk quality life nya masih baik. Ayo segera periksa sebelum terlambat.

3. HIV ga bisa menular melalui kontak langsung

FAKTA : virus HIV ga bisa ditularkan melalui kontak langsung seperti berjabat tangan, berpelukan. Tetapi virus ini ditularkan melalui cairan tubuh, seperti kontak dengan darah pasien, sperma pasien, bahkan virusnya ada didalam ludah pasien. Tetapi jumlah virus di ludah tidak cukup untuk menginfeksi manusia baru.

4. Sesama pengidap HIV boleh having sex tanpa kondom.

MITOS : meskipun sudah sama sama terjangkit HIV bukan berarti boleh bebas having sex tanpa kondom,karena resiko infeksi menular seksual lain masih bisa terjadi (seperti: sipilis,gonore)

5. HIV tidak bisa disembuhkan

FAKTA : HIV tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan yang didapat dapat melemahkan virus didalam tubuh sehingga penderita masih bisa dapat hidup selayaknya orang normal lainnya.

6. HIV dapat ditularkan melalui Oral Sex

TERGANTUNG : Pada dasar nya Virus HIV terdapat didalam air ludah tetapi tidak cukup kuat untuk menginfeksi seseorang. Tetapi jika orang tersebut keadaan mulutnya ada luka (sariawan) yang menghasilkan darah, tentu itu dapat menularkan Virus tersebut.

7. Kita boleh berciuman dengan penderita HIV

FAKTA : kita masih boleh berciuman bibir dengan penderita HIV,karena di dalam air ludah jumlah Virus nya tidak cukup kuat untuk menginfeksi seseorang. Tetapi dengan catatan keadaan mulut penderita bersih (tidak ada luka) dan kalian tidak ciuman sambil cupang (ciuman berdarah darah).

8. Muncrat di mulut dapat menularkan HIV

MITOS: sperma yang masuk ke mulut akan mati dengan asam lambung kita sehingga tidak dapat menularkan Virus tersebut.Tetapi dengan catatan mulut kita tidak dalam keadaan luka (seperti sariawan)

9. HIV dapat ditularkan melalui nyamuk

MITOS : penelitian sudah membuktikan bahwasanya HIV tidak dapat ditularkan dari gigitan nyamuk,sehingga tidak perlu takut untuk tidur satu kamar dengan penderita HIV.

10. Pori-pori kondom dapat dilewati oleh Virus HIV

MITOS: kondom tidak berpori, kondom merupakan bahan latex yang sudah berkali kali diuji tidak memiliki pori dan dapat mencegah pertukan cairan kelamin.

Artikel ini ditulis oleh @PsycoSkizofren alias Abang Doffaa yang merupakan seorang dokter yang bisa membantu kamu untuk menjawab pertanyaan seputar HIV kalau ada yg masih mau ditanyakan. Bisa ditanyain di comment artikel ini atau mention di twitternya atau twitter kita di @touchemagz

2 komentar:

  1. gan, ini apa gak ketuker antara mitos dan fakta,. salah ketik kali yah..:D

    BalasHapus
  2. Mungkin maksudnya bukan tanda titik dua (:). Tapi titik (.). Jadi ga rancu yg baca.

    BalasHapus