Jumat, 23 Mei 2014

Pink Dot 2014 : For family, For Friends, For Love


Sudah tiba saatnya untuk acara tahunan Pink Dot 2014 di Singapore. Tahun ini acaranya akan diadakan di tanggal 28 Juni 2014. Tetap akan diadakan di Hong Lim park, taman dimana terdapat speaker corner tempat warna negara Singapore boleh menyuarakan unek unek dan pendapat mereka sebebas bebasnya di depan umum. Di singapore ga boleh sembarangan kita ngoceh pake toa di depan umum tentang isu ini itu. Hong Lim park dan speaker cornernya adalah tempat dimana mereka boleh melakukan itu. Kalau melakukannya di tengah tengah orchard gimana? Yah bakal di tangkap dan di denda pastinya. Oleh karena itulah acara Pink Dot ini masih dianggap sebagai ajang ungkap opini di speaker corner. Cuma karena memang jumlah orang yang dari tahun ke tahun semakin membludak, jadinya semakin melebar. Dan warna negara asing yg nonPR tidak diperbolehkan ikut serta dalam acara ini secara aktif karena memang Speaker corner itu hanya diperuntukkan warga negara dan Permanent Resident.



Tema tahun ini adalah "For Family, For Friends, For Love" diluncurkan kamis kemarin berbarengan dengan video testimoni oleh 40 penduduk Singapore mengenai arti Pink Dot untuk mereka. Ajang Pink Dot tahun ini diperkirakan akan menarik semakin banyak orang. Tahun 2013 acara ini sendiri dihadiri oleh 21.000 orang dengan disponsori oleh berbagai perusahaan besar seperti Google, JP morgan dan lain lain. Dari ajang ini diharapkan dukungan warga negara singapore terhadap kebebasan bagi komunitas LGBT dapat menjadi semakin besar. Tindakan nyata dalam berbentuk acara tahunan seperti ini diharapkan dapat menarik perhatian orang untuk paling tidak mencoba mengerti kenapa kebebasan dalam mencintai seseorang tanpa memandang jenis kelaminnnya itu adalah hal yang penting. Untuk menyampaikan pesan ini, tahun ini mereka memilih 3 orang duta yaitu Sebastian Tan, Brendon Fernandez dan Janice Koh


Selain Singapore, Pink Dot ini juga menyebar ke negara lain yaitu Hongkong dan Jepang.  Acara Pink Dot Hong Kong akan dilakukan di tanggal 15 juni, sementara yang di jepang Okinawa akan diadakan di tanggal 21 Juli. Tahun tahun lalu, karena tidak mau kalah dari Singapore, kita sempat kepikiran untuk membuat acara tandingan. Tetapi setelah dipikir pikir, tidak ada salahnya kita yang di Indonesia juga mengadakan acara yang sama aja sih. Daripada pusing pusing mikirin acara tandingan yang berbeda, kenapa tidak mencoba mengadopsi konsep yang sama saja sih. Toh apabila kita bisa menunjukkan dukungan yang sama di berbagai negara, tentunya pesan yang ingin kita sampaikan lewat acara seperti ini akan lebih tersampaikan secara lebih massal. Toh acara ini sama sekali bukan acara gay parade atau yang berkaitan dengan komunitas gay secara langsung seperti festival film LGBT atau diskusi LGBT. Ini adalah acara yang bisa dihadiri semua orang, baik yg LGBT maupun bukan untuk menunjukkan dukungan mereka dalam kebebasan mencintai seseorang tanpa memandang jenis kelamin mereka. Yah, sekalipun yang ngumpul sebagian besar juga pasti komunitas LGBT sih. Kira kira FPI bakal tetep ngerebek kita nggak yah? Mudah mudah presiden baru bisa do something dengan FPI ini agar kita tidak perlu ketakutan untuk mengadakan acara positif seperti ini yah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar