Selasa, 04 Maret 2014

Dalai Lama on Gay Marriage



Dalai Lama, sang pemimpin spritual agama Buddha yang sangat dihormati oleh berbagai kalangan di dunia, memberikan pendapatnya mengenai pernikahan gay dalam wawancaranya dengan Larry King.

Larry bertanya kepadanya "Apa yang menurutmu membuat munculnya berbagai pertanyaan mengenai gay, Russia dan pelarangannya terhadap gay, tumbuhnya pernikahan gay di US. Bagaimana menurutmu?"

Dalai Lama menjawab "Aku rasa itu adalah urusan pribadi. Dan tentunya masing masing memiliki kepercayaan mereka atau tradisi spiritual, sehingga kamu harus mengikuti kepercayaan tersebut. Tetapi untuk mereka yang tidak memiliki kepercayaan terhadap hal hal seperti itu, itu terserah pada mereka. Hubungan seksual yang berbeda? Selama aman yah ga papa. Dan sama sama setuju, yah ga papa. Tetapi kalau dibully? Atau dilecehkan? Itu sudah melanggar hak asasi manusia"

Mungkin Dalai Lama tidak secara eksplisit menyatakan dukungannya terhadap komunitas gay, tetapi dari pernyataan tersebut kita bisa berasumsi bahwa beliau berada dalam posisi yang sangat supportif. Baginya pernikahan sesama jenis itu ga papa, tetapi bully dan pelecehan itulah yang salah

Btw jawaban di atas lebih merupakan rangkuman dari kita atas percakapan dari video tersebut yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, yang mudah-mudahan bisa membantu yang lain untuk lebih memahami konteks percakapannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar