Selasa, 25 Februari 2014

Melela.org


Biasanya ketika berbagi cerita mengenai website yang seru yang penuh dengan kisah kisah yang dapat menginspirasi komunitas LGBT, selalu website tersebut dalam bahasa Inggris. Seolah-olah tidak ada kisah atau web lokal yang menarik untuk kita bagi di sini. Memang kenyataannya masih sangat sedikit sekali web lokal yang memilki inisiatif khusus untuk komunitas LGBT dengan konten yang menarik.

Karena itulah kita ingin memperkenalkan satu web lokal yang khusus berisi kisah kisah komunitas LGBT di Indonesia saat mereka membuka diri mengenai identitas orientasi  seksual mereka kepada orang orang terdekat dalam hidup mereka. Atau singkatnya proses yang selama ini kita sebut dengan "coming out". Di melela.org kita bisa membaca berbagai kisah mereka yang terlibat dalam proses coming out, baik pengalaman komunitas LGBT itu sendiri maupun mereka yang dekat dengan mereka. Melela sendiri sebenarnya adalah kata yang yang diambil dari novel Pramoedya Ananta Toer yang memiliki arti menunjukkan diri dengan cara yang elok.



Berbeda dengan web lain seperti blog kita dimana kamu bisa memperoleh update berita berita (ga penting) seputar dunia LGBT, atau forum dimana kamu bisa saling berdiskusi, di melela.org ini kamu akan menemukan kisah kisah nyata dalam salah satu proses penting hidup kita sebagai LGBT yaitu proses coming out. Kisah nyata yang melibatkan orang Indonesia dengan orang orang terdekat pada saat coming out.

Seperti yang dulu sudah pernah kita bahas panjang lebar di post kita dulu. Proses coming out itu adalah sebuah proses penting dalam yang apabila memang mau kita jalankan, harus kita jalankan penuh dengan persiapan. Terlebih karena kita hidup di negara Indonesia, negara yang masih sangat sangat jauh dari gegap gempita gay marriage sebagaimana halnya di amerika,  negara di mana gay pride dengan iring iringan cowok bercelana dalam masih sangat sangat kemungkinannya bisa menghiasi jalanan kita secara rutin setiap tahunnya. Apalagi ketika kita memutuskan coming out, bukan saja kita yang coming out. Ada orang orang lain dalam hidup kita yang harus ikut "coming out".

Seneng ada orang seperti Rio Damar, admin dari melela.org yang mau bela-belain meluangkan waktunya agar kita dapat membaca kisah kisah inspiratif penuh tantangan tersebut. Di web itu selain membaca kisah kisah tersebut, kamu juga bisa mengirimkan kisah kamu. Tidak ada kisah yang terlalu sederhana atau terlalu biasa untuk diceritakan. Kita tidak pernah akan tahu apabila kisah sederhana kita tersebut bisa menjadi dorongan atau mungkin bahan renungan sesama kita dalam mengambil keputusannya.

Salute for melela.org

4 komentar:

  1. touche kalau gak salah pernah post gay married yang ada puisi tentang hero-hero nya itu y?? aku pengen baca puisinya lagi tp lupa di postingan yang mana... hehe

    BalasHapus
  2. http://www.touchemagz.com/2013/08/batman-vs-mr-freeze-gay-wedding.html yg ini yah?

    BalasHapus
  3. iya betul... thanx banget min... haha...

    BalasHapus
  4. *menunggu ceritanya mimin di melela..hihihi..

    BalasHapus