Kamis, 12 Desember 2013

The Anti-Gay World


India kemarin ini baru saja mengesahkan sebuah undang undang lama peninggalan kolonial Inggris yg memperbolehkan mereka untuk mengkriminalisasikan hubungan anal alias sodomi. Ini artinya apabila seseorang mengetahui bahwa kamu melakukan hubungan anal seks dengan pria lain, dan dia mengadukannya ke polisi untuk dibawa pengadilan, kamu akan serta merta langsung kena hukuman karena hubungan anal seks itu melanggar hukum.

India adalah negara pertama anggota commonwealth (persekutuan negara bekas jajahan Inggris) yang mengesahkan hukum tersebut. Padahal negara Inggris sendiri dan beberapa negara commonwealth lainnya seperti Hong Kong, Selandia Baru, Australia dan Fiji telah memcabut pasal pasal mengenai hubungan seksual antar pria dari undang undang mereka. Banyak negara Commonswealth yg masih menggunakan undang-undang tersebut sebagai dasar untuk mengkriminalisasikan hubungan homoseksual seperti negara Malaysia, Singapore, Jamaica, Uganda dan beberapa negara lain. Di negara negara tersebut tuduhan hubungan homoseksual bisa berujung langsung ke penjara apabila benar benar diproses secara hukum karena tertera di dalam undang undang mereka.

Secara hukum memang mungkin kita harus agak bersukur karena tidak ada undang-undang yang langsung bisa digunakan untuk mengkriminalisasi hubungan homoseksual di Indonesia (ada yg bisa confirm?). Paling yg ada hukum adat atau norma-norma dan mungkin dari sisi agama yang semuanya masih bisa diperdebatkan di hadapan hukum.  Jadi paling nggak kalau ada apa apa, pengadilan nggak bisa langsung memenjarakan kita.

Masih ada untungnya juga lah yah kita di jajah Belanda yg tukang nyimeng dan Jepang yg kinky dan penuh fetish, bukan oleh Inggris kolot yg akan meninggalkan undang undang kriminalisasi hubungan homoseksual tersebut. Dikit banget sih untungnya, akan lebih untung lagi kalo ga ada yg jajah. Tetapi kalo nggak dijajah, kita ga akan pernah bersatu jadi negara Indonesia. Hmmm..... apapun yg terjadi di masa lalu biarlah kita embrace sebagai bagian dari sejarah yg membuat kita menjadi seperti ini di masa sekarang aja lah yah:) Saat ini kita sukurin aja Indonesia nggak masuk ke daftar negara di gambar atas dulu aja deh yah:D

1 komentar:

  1. itu semua negara yang sama sekali ngak masuk dalam list traveling gue...

    BalasHapus