Kamis, 26 September 2013

Queer Pakistan


Sebuah website yang ditujukan khusus untuk gay di Pakistan yang bernama Pakistan Queer di blok oleh pemerintah Pakistan. Website ini diluncurkan Juli tahun ini sebagai platform untuk komunitas LGBT di Pakistan yang merupakan republik Islam. Alasan website ini diblok oleh pemerintah Pakistan karena website ini dianggap bertentangan dengan norma di kalangan penduduk Pakistan dan ajaran agama Islam yang merupakan agama resmi negara Pakistan.

Website ini sendiri sebenarnya isinya lebih merupakan tempat berbagi cerita pribadi untuk komunitas LGBT di Pakistan, berbagi cerita mengenai kejadian yang berhubungan dengan LGBTdi negara yang sebenarnya masih menganggap LGBT sebagai kegiatan yang ilegal. Keberadaan website ini diharapkan dapat menjadi dukungan bagi LGBT di Pakistan yang jelas merupakan kelompok minoritas yang kerap menghadapi tekanan dari berbagai pihak di dalam negara mereka sendiri. Bahkan website ini sendiri tidak mengataskan namakan agama tertentu karena sekalipun Pakistan adalah negara Islam, masih ada mereka yang beragama lain yang merupakan bagian dari komunitas LGBT di Pakistan


Kini sekalipun website tersebut telah diblok oleh badan pengawas internet dari kementerian telekomunikasi Pakistan, website tersebut tetap bisa diakses lewat domain yang berbeda. Pengelola website ini tidak berniat menutupnya hanya karena masalah ini. Mereka berencana untuk selalu mencari cara agar website ini tetap bisa diakses oleh mereka yang membutuhkan.

Semoga website tersebut tetap bisa diakses oleh saudara-saudara kita di Pakistan karena jelas mereka membutuhkan wadah komunikasi seperti ini untuk saling menguatkan sebagai kaum minoritas di Pakistan. Beruntunglah kita di Indonesia yang masih bisa bebas untuk saling berkomunikasi dalam berbagai wadah dengan sesama komunitas LGBT seperti sekarang ini. Dont take it for granted ok:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar