Senin, 09 September 2013

Movie : Yossi


Mungkin masih pada ingat film "Yossi and Jagger"? Film Israel yang menceritakan tentang kisah kasih dua tentara Israel yang menjalin tali percintaan secara diam diam ketika mereka ditugaskan untuk menjaga salah satu pos pertahanan. Endingnya sedih sih karena Jagger harus meninggal dalam pelukan Yossi.


Film berjudul Yossi ini adalah sekuel dari film tersebut yang mengisahkan tentang kehidupan Yossi setelah film pertama tersebut. Kini Yossi telah berusia 30-an. Yossi menjadi seorang dokter bedah jantung di salah satu Rumah sakit. Yossi kesepian dan telah lama berhenti memperhatikan tentang dirinya dan kehidupan sosialnya. Tubuhnya sudah menjadi overweight dan dia hanya mempunyai seorang teman yang juga dokter. Aktivitas seksualnya hanya melibatkan laptop dan tangan kirinya. Dia hanya hidup dari hari ke hari tanpa semangat sampai akhirnya ibu Jagger datang memeriksakan diri ke Rumah sakit tempat dia bekerja. Semua kenangan tentang Jagger kembali muncul dan membuat dia akhirnya memberitahukan kepada kedua orang tua Jagger mengenai hubungan dia dengan anak mereka yang telah meninggal itu.


Karena berbagai hal yang dialaminya tersebut nyaris membuat dia mengorbankan nyawa seorang pasien, akhirnya dia mengambil liburan yang akhirnya malah membuat dia bertemu dengan seorang prajurit muda ganteng. Prajurit ganteng yang bernama Tom ini tertarik pada Yossi karena menurutnya dibalik kesendiriannya tersimpan sosok pria pintar yang menarik. Yossi yang juga merasakan ketertarikan terhadap Tom tidak berani terlalu menanggapi karena tidak percaya diri dengan bentuk badannya. Tetapi akhirnya pria ini jugalah yang akhirnya berhasil membantu Yossi memecahkan tameng emosi yang selama ini dikenakannya sebagai alat pelindungnya dari luapan perasaan yang tertahan dan disembunyikan dibalik kesendiriannya sejak kepergian kekasihnya Jagger. Yossi yang selama ini begitu pasif tanpa semangat dalam hidupnya akhirnya menerima sosok Tom untuk diperjuangkannya ketika dia meminta Tom untuk jangan pergi dan menangis di pelukannya. Dan akhirnya setelah sekian lama, Yossi belajar untuk mencintai seseorang lagi


Film ini sangat menarik karena sekalipun memiliki ikatan yang sangat erat dengan film sebelumnya, film ini tetap menjadi sebuah film sendiri yang sangat kuat. Kisah seorang Yossi adalah sebuah kisah yang begitu sederhana dalam pemceritaannya, tetapi dapat membuat kita merasakan semua perasaan yang dirasakannya. Film ini juga mengangkat isu mengenai body image karena Yossi yang tenggelam dalam pekerjaannya sudah tidak pernah lagi merawat tubuhnya untuk tetap langsing. Dan penolakan yang diterimanya karena penampilan fisiknya membuatnya begitu tidak percaya diri sehingga dia tidak mau menyalakan lampu ketika sedang intim dengan Tom.


Selain itu film ini juga membahas mengenai masalah coming out. Coming Out ke orang tua, ke rekan kerja dengan berbagai kendalanya. Bagaimana reaksi orang tua yang mengetahui mengenai orientasi seksual anaknya setelah sekian lama, bagaimana anak yang menyembunyikannya sekalipun dia telah come out ke semua orang kecuali orang tuanya, bagaimana ketika orientasi seksualnya menjadi bahan perbincangan teman sejawatnya.


Sekalipun banyak yang fokus kepada hubungan Yossi dan Tom dalam film ini, tetapi bintang utama di film ini adalah Yossi yang diperankan dengan sangat baik oleh Ohad Knoller. Film ini adalah ttg Yossi yang kehilangan, kesepian dan akhirnya menemukan Tom. Tom bahkan baru muncul di pertengahan film sebenarnya sehingga tidak bisa dianggap kisah cintanya adalah menu utama dalam film ini. Menu utama dari film ini adalah perjalanan Yossi. Adegan terakhir ketika akhirnya Yossi mau membuka bajunya di depan Tom dengan pandangan khawatir sebelum akhirnya jatuh ke pelukan Tom dan menangis benar benar merupakan adegan yang sangat indah.

Film ini menawarkan begitu banyak hal yang dekat dengan kehidupan kita. Kita bisa menemukan sosok Yossi dalam diri kita semua. Sosok yang kadang tertutup dan sinis untuk menutupi rasa kesendirian. Tidak banyak film tentang gay yang berakhir happy ending seperti film ini. Buat yang sempat, coba deh cari film ini di torrent atau dimana gitu . Jarang-jarang ada film gay yang seperti ini

5 komentar:

  1. Udah nonton film ini setahun lalu. Dialog dikit tapi tiap karakter2 di film ini kuat2 banget yg bikin terasa natural dan most guys will relate to it..somewhat. Film Israel laen yang worth watching juga: Eyes Wide Open

    BalasHapus
  2. Bisa download g? Kira-kira dimana?

    BalasHapus
  3. Download pakai torrent

    BalasHapus
  4. nihh klo mau nonton film nya secara online/streaming :

    http://viooz.co/movies/19321-yossi-2012.html

    BalasHapus
  5. yg mau nonton film ini.

    http://viooz.co/movies/19321-yossi-2012.html

    BalasHapus