Minggu, 23 Juni 2013

Equality House


Pertama kita mau memperkenalkan dulu "Equality House" di Kansas. Sebuah rumah yang di beli oleh sebuah organisasi bernama Planting Peace yang berada tepat di seberang sebuah gereja garis keras, Westboro Baptist Church di Amerika yang sangat terkenal keras terhadap LGBT.

Aaron Jackson dari Planting Peace yang memiliki inisiatif untuk equality house
Gereja yang terletak tepat di sbrg equality house
Rumah ini di beli atas inisiatif organisasi ini yang memang sengaja mencari rumah yang berada di sekitar gereja ini untuk di jadikan sebagai semacam "Direct Counter Message" untuk gereja tersebut. Sengaja dicari rumah yang berseberangan dengan gereja ini sehingga orang bisa melihat ketika ada institusi yang menyebarkan pesan kebencian terhadap LGBT, ada institusi lain yang menyebarkan pesan perdamaian


Rumah ini di cat dengan warna pelangi sebagai lambang warna LGBT dan di sebut equality house yang merupakan simbol equality, perdamaian dan perubahan positif yang semoga juga dapat menjadi simbol bagi perjuangan LGBT itu sendiri. Rumah ini juga diharapkan menjadi pengingat untuk kita semua dalam bentuk bangunan yang terlihat secara nyata akan komitmen masyarakat untuk menciptakan dunia yang damai untuk semua orang. Salah satu program penting yang diperjuangan Planting Peace dari rumah ini adalah juga usaha untuk meningkatkan kesadaran anti bullying di kalangan remaja.

Foto rumah ini sebelum di beli oleh Planting Peace
Rumahnya sendiri karena terletak di daerah residensial, tidak boleh digunakan sebagai kantor organisasi mereka. Rumah tersebut digunakan untuk para volunteer dan juga untuk mengadakan kegiatan yang mendukung tujuan semula mereka membangun rumah ini. Rumah ini sendiri akhirnya menjadi daya tarik sendiri Topeka, kota dimana rumah ini berada sejak rumah ini diperkenalkan ke publik Maret 2013 lalu.


Aaron Jackson dari Planting House sendiri mengakui bahwa dia memiliki ide untuk equality House ini ketika dia melihat foto seorang anak kecil bernama Josef Miles yang menulis "God Hate No One" ketika dia melihat anggota gereja Westboro yang membawa papan bertuliskan "God hate Fags"

Aaron jackson dan Josef Milles di depan equality house yang ada berkat tulisan kecilnya "God Hate No One"
Mari kita lanjut ke cerita tentang apa saja yang sudah terjadi di rumah ini
Tampak gereja Westboro baptist Church di latar foto ini
Salah satu kegiatan di rumah ini yang cukup meraih perhatian baru baru ini adalah ketika seorang gadis kecil berusia 5 tahun dan bapaknya membuka stand pink lemonade untuk dana yang akan disumbangkan ke Planting Peace dalam program mereka anti bullying.


Dalam waktu singkat gadis kecil ini berhasil menjual lemonade hingga mengumpulkan dana hingga ratusan dollar. Selain stand ini, usaha pengumpulan dana juga dilakukan secara online pada saat bersamaan yang berhasil mengumpulan puluhan ribu dollar hingga saat ini.


Ini adalah tanggapan gereja di sbrg mereka terhadap ajang penjualan limun ini
Selain itu "Pink Lemonade for peace", sebuah mobil bernama Fag Bug juga pernah berkunjung ke rumah ini. Fag Bug sendiri adalah sebuah mobil VW beetle yang di miliki seorang mahasiswi bernama Erin Davies di New York. Pada mulanya yang dia miliki adalah mobil VW beetle biasa. Pada suatu hari dia menemukan mobil VW beetlenya di semprot tulisan "fag" dan juga "U''r Gay". Hal ini terjadi karena mobil VW beetle sendiri sering diasosiasikan sebagai mobil kaum gay karena bentuknya yang cantik dan chic.

Mobil VW beetle Erin yg ditulis kata "fag"
Erin sebagai seorang wanita yang menjadi korban asumsi sepihak ini memutuskan untuk berhenti kuliah sementara waktu, mencat VW beetlenya menjadi warna pelangi, dan mengendarai VW beetlenya keliling amerika sambil membuat film dokumenter mengenai hate crime terhadap LGBT. Erin mendapat sponsor dari VW Beetle untuk biaya perjalanan dan film ini, hingga akhirnya film dokumenternya di rilis

Penampilan fagbug ketika selesai dicat
Fagbug memiliki misi yang mirip dengan equality house yaitu menjadi reminder visual buat orang orang akan perjuangan LGBT. Erin yang masih dalam perjalanan keliling amerika singgah di Kansas untuk bertemu dengan Planting Peace di Topeka. Sebagai rekan "seperjuangan" penting untuk mereka saling menunjukkan dukungan terhadap satu sama lain


Erin bersama tim Planting Peace yang mengelola Equality House
Dan salah satu kegiatan yang paling baru dilakukan di Equality house adalah pernikahan pasangan lesbian Katie dan Kimberly yang dilaksanakan di halaman rumah ini minggu ini. Sekitar bbrp waktu yang lalu di halaman facebooknya, tim Equality House mencari pasangan LGBT yang ingin melangsungkan pernikahan mereka di halaman rumah mereka. Tampaknya usaha mereka mendapat sambutan luar biasa, karena tidak lama kemudian mereka sudah langsung mencari Wedding Coordinator di daerah Topeka yang mau membantu mereka dalam melaksanakan pernikahan ini


Amerika adalah negara yang penduduknya diberi kebebasan untuk menyuarakan pendapatnya. Tidak jarang kebebasan ini digunakan untuk menyebarkan pesan pesan kebencian. Tetapi itu tidak membuat orang orang di sana menjadi takut untuk melawan pesan kebencian tersebut dengan cara cara legal yang kadang justru lebih telak karena hak mereka akan dilindungi sepenuhnya oleh hukum. Sampai saat ini gereja Westboro yang keras itu belum pernah melakukan tindakan apapun yang melanggar hukum terhadap keberadaan Equality House yg "menampar" perjuangan dari gereja itu sendiri. Paling mereka hanya memasang pesan pesan sindiran balik di papan pengumuman mereka karena keberadaan equality house ini sama sekali tidak salah di mata hukum.

Kalau suatu hari ada yg main main ke kansas jangan lupa lupa foto yah:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar