Senin, 01 April 2013

HRC Equality Campaign


Beberapa hari terakhir ini pasti melihat banyak orang yg gambar profile picture nya ditwitter maupun facebook atau BB dirubah menjadi gambar di atas. Pada tau ga artinya apa? Mungkin pada ada gambaran juga sekilas itu sebagai bentuk dukungan terhadap #equality yah. Berarti sesuatu yg berhubungan dengan kesetaraan kaum gay kan. Bener sih, tetapi cerita aslinya asal muasal logo ini sih lebih jauh dari itu. Admin akan coba cerita sedikit latar belakangnya dan kenapa sebenarnya memasang logo ini sekalipun memiliki tujuan mulia, tetapi mungkin agak berasa sedikit "melenceng"



Jadi ceritanya ada sebuah NGO atau LSM bernama Human Right Campaign yang sangat fokus terhadap gerakan kesetaraan kaum LGBT di Amerika yang pada tanggal 25 Maret kemaren mengupload versi baru dari logo mereka di halaman facebook mereka. Logo mereka yang semula berwarna biru dan kuning dirubah menjadi warna merah dan pink. Logo tersebut sendiri di rubah karena mereka merasa pada minggu kemarin, ketika supreme court Amerika sedang memutuskan hal penting mengenai perkawinan sejenis di Amerika, mereka merasa perlu menyebarkan kesadaran akan pentingnya kesetaraan terhadap kaum gay itu dengan cara yang berbeda. Untuk mengundang para pendukung mereka menyuarakan persetujuan mereka akan pentingnya #equality untuk kaum gay, mereka mengajak pendukung mereka di facebook untuk mengganti profile picture mereka di facebook dengan logo baru mereka. Mereka merasa warna merah aka cukup mencolok dan lebih mencuri perhatian orang untuk hal yang sedang mereka perjuangkan. Selain itu juga warna mereka gampang diubah menjadi bahan campaign sendiri yang mencolok karena orang bisa menunjukkan dukungan mereka dengan hanya memakai baju merah


Di luar dugaan mereka, ajakan tersebut mendapat sambutan yang sangat baik. Puluhan ribu orang mengganti profile picture mereka dengan logo ini termasuk para selebritis seperti George Takei, Martha Stewart, Beyonce dan lain lain. Trafik Facebook dalam pergantian profile picture sampai naik karena ajakan tersebut. Para perusahaan juga ikut menyuarakan dukungannya dengan mengganti profile picture mereka dengan logo HRC yang dimodifikasi sedikit. Seperti True Blood yang mengganti dengan foto logo tersebut yang ditambahkan taring drakulanya. Hal hal seperti itu membuat orang orang menjadi berlomba lomba untuk membuat logo versi mereka masing masing juga.


Gerakan equality dengan logo merah ini sebenarnya ditujukan untuk penduduk US karena HRC sendiri adalah organisasi yang menyuarakan gerakan mereka dengan cara melobi kekuatan politik di Amerika. Jadi sebenarnya inisiatif perubahan logo ke warna merah itu mereka lakukan berkaitan dengan keputusan pengadilan tinggi amerika. Jadi bisa kita lihat sebenarnya tujuan gerakan ini secara spesifik sangat "amerika". Tetapi memang pesan yg mereka bawa, yaitu kesetaraan alias equality for LGBT bisa diterapkan di seluruh dunia. Tetapi yah seperti yang saya sebutkan di atas tadi, kita yang di Indonesia apabila ikut-ikutan mengganti profile picture kita di twitter atau facebook agak agak sedikit "jauh" kaitannya. Kita berpartisipasi dalam sebuah gerakan yg bertujuan sangat spesifik untuk sebuah negara tertentu yang kebetulan memiliki pesan yang bisa di terapkan secara global. Ga salah kok buat seru seruan


Yah bukan berarti salah sih kalau kita ikut mengganti profile kita dengan logo tersebut. It's a good thing justru.  Sukur sukur gerakan dari si HRC bisa ikut menyebar ke negara negara lain. Toh kaum LGBT di seluruh dunia memang masih butuh seseorang untuk menyuarakan hak mereka untuk setara dengan orang lain. Kalau misalnya sebuah logo bisa menjadi pemersatu kita dalam usaha mengwujudkan hal tersebut, kenapa nggak kan. Cuma alangkah bijaknya apabila kita ikut mengetahui bahwa logo tersebut bukan sekedar lambang equality, tetapi adalah logo sebuah LSM di amerika yang sedang fokus untuk mengusahakan kesetaraan kaum LGBT di Amerika


Toh kalau misalnya nih, gerakannya menyebar ke seluruh dunia dan misalnya di Indonesia kita mau mengadakan rally atau demo damai untuk kesetaraan kaum LGBT, yang memang merupakan hal yang sangat positif, trus kita mengusung logo itu. Nah itu jadinya agak agak rancu dikit tuh. Karena itu adalah logo organisasi lain yang ga ikutan dgn gerakan kaum gay di Indonesia yang kita bawa bawa. Logonya sendiri memang sederhana dan pas banget sih yah untuk menjadi lambang sebuah pergerakkan. Tetapi dari sudut pandang hukum hak cipta, logo tersebut masih berupa logo resmi dari sebuah organisasi berkekuatan hukum di Amerika.


Jadi jangan buru buru nyetak kaos yah dengan logo tersebut buat dijual jual. Ntar disamperin oleh ama orang embassy Amerika yang bakal ngelarang kamu nyari untung dari logo organisasi di amerika:D Tapi kalau ingin menggunakan logo tersebut sebagai profile picture km di twitter atau facebook, silahkan aja. Ga ada salahnya kita ikutan mendukung kaum gay di Amerika secara spesifik atau kaum gay di dunia secara lebih luas untuk mendapatkan kesetaraan









3 komentar:

  1. info yg bermanfaat, krn temanku d US yg pertama ngasi tau, hanya cerita logo ini ttg dukungan utk meloloskan pernikahan sejenis di senat US.

    btw, yg bener adalah diubah, bukan dirubah... dirubah itu kata dasarnya rubah, yg merupakan nama hewan... :) silakan dicek di kamus besar bahasa Indonesia :)

    BalasHapus
  2. saya bahkan baru tahu dari sini.
    *berasa idup di bawah batu*
    semoga di sana sukses kampanye nya. Kalau efek di sini, lebih respect ke LGBT aja mungkin.

    BalasHapus
  3. Sempat lihat di akun official Boyce Avenue. Awalnya logo itu terbaca sebagai huruf B. Yaa, asumsiku tentu itu logo baru Boyce Avenue. Sadar atau nggak, itu mirip huruf B..
    Hahahaaaaa...
    Tapi, seenggaknya jadi tau kalau Boyce Avenue dukung gerakan ini..
    Yeaaaayyy...
    *applause*

    BalasHapus