Selasa, 01 Januari 2013

New year 2013 Resolution

Tahun baru selalu identik dengan harapan harapan baru yang ditumpahkan dalam bentuk resolusi. Sering kali resolusi ini hanya menjadi sebuah janji palsu terhadap diri sendiri yang tidak bisa kita pegang sampai tahun berakhir. Akibatnya banyak dari mereka yang menjadi skeptis dan menganggap resolusi tahun baru itu adalah hal yang tidak perlu. Tetapi sebaliknya menurutku Resolusi itu penting. Sejauh mana akan bisa kita usahakan untuk memenuhi resolusi itu adalah tantangan yang berbeda. Tetapi merumuskan niat dan harapan kita setiap awal tahun adalah langkah positif yang membuat kita akan sedikit terpompa semangatnya untuk reboot hal hal yang telah kita jalani dengan cara yang salah tahun sebelumnya.

Memang tiap orang punya penharapan berbeda beda setiap tahunnya. Mungkin banyak harapan serupa seperti mengurangi berat badan atau mengurangi rokok, tetapi banyak juga harapan harapan pribadi yang hanya dapat berlaku untuk kita sendiri. Tetapi tidak ada salahnya kita coba bantu untuk rumuskan beberapa resolusi tahun baru yang mudah mudahan bisa membantu kalian semua untuk memandang tahun 2013 ini menjadi tahun yang dapat kita jalani dengan semangat positif yang mudah-mudahan akan berdampak baik bagi kita maupun orang orang di sekitar kita

1. Show up yourself more
Sering kali kita merasa apabila kita mendahulukan kepentingan kita diatas kepentingan orang lain itu adalah tindakan egois. Padahal hal itu tidak sepenuhnya. Ada saat-saatnya kita harus lebih mempedulikan kita diri kita sendiri dibanding orang lain. Ada saatnya kita merasa kita itu lebih tidak berharga dibanding orang lain sehingga sebaiknya kita cukup menjadi pemeran pembantu yang akan menyokong orang lain untuk mencapai mimpinya. Sementara kita cukup berdiri di belakang bertepuk tangan ketika mereka mendapatkan semua penghargaan.

Saatnya keluar dari kepompongmu dan tunjukkan dirimu yang sebenarnya. Tidak ada orang yang ditakdirkan menjadi pemeran pembantu dalam hidup. Kita adalah pemeran utama dalam hidup kita masing masing. Semua dari kita punya sesuatu yang lebih baik dibanding orang lain. Dan apabila kita fokus di kelebihan kita, kita akan bisa mencapai eksistensi diri kita juga.

Mungkin memang penampilan fisik dan kemampuan finansial adalah dua hal yang paling gampang terlihat dari setiap individu. Tetapi bukan berarti apabila kita tidak memiliki penampilan ataupun kekayaan mereka, kita akan selalu menjadi runner up atau juara harapan dalam hidup kita. Begitu banyak potensimu yang akan bisa kamu tonjolkan kalau kamu mau duduk dan mencari tahu apa hal yang membuat kamu berbeda dengan mereka semua.

Ada teman kita yang terkenal cakep dan berperut six pack sehingga mendapat puluhan"like" setiap dia posting foto dia di facebook. Ada teman kita yang setiap tiga bulan posting foto dengan latar belakang negara yang berbeda sebagai profile picturenya. Tetapi juga ada teman kita yang menjadi bahan pembicaraan karena dia berhasil memproduksi video youtube mencapai puluhan ribu view berkat bakat uniknya, ada teman kita yang berbakat menulis mulai dari cerita anak kecil sampai cerita jorok sehingga blognya ditawari menjadi buku. Ada teman kita yang begitu jago masak sehingga setiap resep yang dia post di blognya mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Ada teman kita juga yang terkenal karena mulutnya yang manis sehingga siapapun akan jatuh hati padanya apabila menghabiskan min 5 menit duduk di sebelahnya. Ada temanmu juga yang mungkin menjadi kaya raya karena bermain game online dari hasil menjual pernak perniknya

Tunjukkan kebolehanmu di bidangmu. Keberhasilan tidak harus selalu diukur dengan hal yang sama dengan orang lain. Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang bisa ditonjolkan. Cukup sudah masa masa kamu bersembunyi di belakang teman kamu sebagai asisten pribadinya. Saatnya untuk berdiri di samping teman menjadi teman sebagaimana mestinya yang saling support dalam usaha masing2

2. Do something out of your routine
Sebagian besar dari kita pasti menjalankan hidup yang cukup rutin. Kuliah atau kerja sesuai jadwal. Weekend untuk nonton dan kumpul dengan teman di mal, menelpon nyokap sekali seminggu, pulang dan pergi kantor/kampus dengan jalan yang sudah kita kenal baik, memesan makanan yang sama setiap kali kita singgah di restoran.

Hidup ini terlalu kompleks dan ramai dengan berbagai pilihan yang ada. Dan berhubung kita cuma hidup sekali, tidak ada salahnya kita mencoba coba hal hal lain di dalam hidup ini. Mungkin itu bisa membuka pikiran kita tentang hal hal lain yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Ga usah terlalu ekstrim kok untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Ga perlu sampai tiba tiba memutuskan untuk naik sepeda ke kantor kalau selama ini naik mobil karena rumah letaknya di Bintaro sementara kantor letaknya di tanjung priuk.

Misalnya biasanya kalau liburan kita selalu ke bali atau singapore. Coba deh sesekali liburan ke kota lain seperti Lombok atau Vietnam. Atau misalnya biasanya kita selalu memesan nasi goreng atau mie ayam di restoran langganan. Coba deh sesekali pesan bihun goreng atau baso kuah. Siapa tahu kamu mendapat makanan favorit baru. Kalau misalnya ternyata ga suka yah udah, next time kembali ke pesanan kamu semula. Tetapi yang penting kamu punya alasan tepat kenapa kamu memilih nasi goreng lagi dan lagi. Bukan sekedar karena kebiasaan, tetapi karena kamu sudah membuat pilihan berdasarkan semua pilihan yang ada yang telah kamu rasakan pengaruhnya ke kamu.

Just start small. But you will see youself as a totally new whole person in the future. Beli baju dengan warna yg kamu ga pernah beli sebelumnya, baca buku yg sebelumnya km ga pernah tertarik, ajak ngobrol cowok yg typenya sebelumnya km ga pernah deketin sama sekali sebelumnya, lakukan hal hal di tempat tidur sedikit berbeda dengan hal hal yg biasa kamu lakukan sebelumnya. Have fun with it OK.

3. Explore more, travel more
Travelling sih pasti menjadi hobi dari sebagian besar dari kita. Kita selalu punya tujuan impian untuk travelling. Ga salah sih kita kadang menempatkan destinasi yg jauh dan heboh sebagai tujuan impian kita kalo mau travelling. Tetapi sering karena kita begitu berkonsentrasinya untuk bisa travelling keliling eropa atau ke new york mengunjungi Carrie Bradshaw, sehingga kita menjadi malas ketika diajak travelling ke daerah daerah lebih dekat dengan alasan nggak berasa travelling. Apalagi ketika kita merasa tidak pernah berhasil menabung untuk keperluan travelling. Yah tentu saja budget buat travelling harus selalu mengalah dengan uang kuliah, uang buat nyokap ke dokter atau uang untuk kita ke dokter gigi.

Tetapi satu kepercayaan yang harus kita rubah adalah bahwa travelling itu harus jauh, lama dan berbiaya besar. Yah mungkin kalau kita punya rejeki lebih banget, 2 minggu keliling turki, Yunani sampai Italy terdengar menyenangkan yah. Tetapi yakin deh pasti sebagian besar dari kita ga punya support yang memadai untuk itu. Kenapa ga coba daerah yang dekat dekat aja. Ga selamanya kok kita ketika travelling harus ke lokasi terkenal yang sebagai tujuan wisata. Coba deh main main ke kota dekat dekat km yg selama ini belum pernah kamu kunjungi dengan alasan tidak pernah ada keperluan. Luangkan sehari dua hari untuk ke sana dan cobain jajanan ngetop di sana. Atau kalau misalnya ada budget lebih, coba jangan ke singapore atau bangkok terus. Coba deh ke Penang atau Kamboja. Atau kalo budget lagi cekak banget, dah pernah coba habisin seharian di tengah2 pasar pancoran di kota belon buat yg tinggal di Jkt. Atau misalnya main main ke Kota Wisata buat yg ngekos di Jakarta Selatan.

Oh yah, jangan malu malu juga untuk "sok sok" backpacking atau ikut couchsurfing.com yah. Dont let budget be the constraint when you decide to explore and travel, terutama buat yg muda muda.

When you're a brondong : you had energy and time, but no money. Go for backpacking
When you're an adult : you had energy and money, but no time. Go for short vacation
When you're a mature : you had money and time, but no energy. Go for luxury trip

4. Support our community more
Resolusi terakhir nih. Mungkin ini terdengar agak skeptis yah. Karena jelas sebagian besar dari kita ga mungkin bisa ikut demo sambil pegang kertas bertulis "Support Gay Right" karena satu dan lain hal. Tapi sebenarnya gampang kok mendukung komunitas kita tanpa harus turun tangan langsung ke jalan. Nih ada beberapa cara singkat :
1. Ketika ada yg punya prasangka salah atau buruk mengenai komunitas Gay, bantu mereka untuk luruskan persepsi mereka.
2. Ketika ada yg menjelek-jelekkan komunitas gay, jangan ikut ambil bagian sekalipun yg melakukan itu adalah orang orang yang kamu hormati.
3. Ketika ada yg terlihat mendukung komunitas gay, tunjukkan juga bahwa kamu ikut mendukung sehingga mereka merasa bahwa mereka tidak sendirian dalam menyuarakan pendapatnya
4. Ketika ada orang-orang yang menempatkan kaum gay sebagai pihak yg bersalah dalam kejadian kejadian yang tidak menguntungkan. Selalu berpikir dua kali sebelum kamu turut mempersalahkan. Apabila kamu dalam kondisi yg tidak bisa mendukung secara terbuka, paling ga jangan bergabung dalam barisan yang turut menyalahkan kaum gay
5. Apabila kamu sudah open, jaga sikap dan prilakumu karena kamu adalah wakil komunitas kita di mata masyarakat Indonesia. Tentu saja kita tidak melarang kamu untuk menjadi diri kamu sendiri. Tetapi selalu ingatlah bahwa di Indonesia akan selalu lebih banyak orang yang menolak untuk memahami kita dibanding orang yang berusaha untuk memahami kita. Bantulah kita yang belum come out dengan memperlihatkan bahwa kaum gay mampu untuk melakukan hal hal positif dan tidak seperti stereotype negatif yang selama ini mereka kenal


Maaf yah kalo kepanjangan. Maklum lagi libur dan lagi mood ngetik:D

6 komentar:

  1. +1 buat artikelnya
    +1000 buat blognya
    +1juta buat penulisnya (lebay heheh..)

    good job mod!
    Tom

    BalasHapus
  2. really love ur article :D

    B

    BalasHapus
  3. Aku cinta kamu Min..

    BalasHapus