Sabtu, 10 November 2012

ManHunt 2012 Result

OK, acara tahunan telah kelar.Manhun 2012 telah usai. Kita harus menunggu setahun lagi untuk posting foto foto cowok cakep seksi itu setiap malam di twitter. Hasilnya mungkin mengecewakan bagi sebagian penggemar Akbar di Indonesia. Tetapi sejak semula memang sudah agak terprediksi. Dan kemenangan June dari Philippine sendiri memang sudah agak tertebak. Dan juga beberapa hal lain yang telah bisa ditebak semenjak ajang kompetisi ini di mulai.

Mari kita mulai bahas satu persatu, mulai dari pemenang hingga ajang Manhunt ini sendiri. Dan kita mulai dari Top 5

Manhunt 2012 : June Macasaet


Kali ini kita musti agak sadar bahwa kandidat dari Philippine ini memang pantas memenangkan ajang ini. Dia adalah model profesional di negaranya dengan penampilan fisik yg nyaris sempurna. Ajang ini bukan ajang Miss Universe dimana pesertanya harus mengerti cara meraih "world peace". Ajang ini hanyalah ajang "Male modelling competition". Jadi memang dia pantas meraih gelar ini. Agak ga sebel sih dengan komentar2 para pinoy yg "in your face!!!!!" ke orang orang dari negara lain yang mendukung kandidat dari negaranya masing masing. Tahun ini sekalipun kembali pria asia yg memenangkan kompetisi ini, rasanya kalau harus dipilih kandidat terbaik dari asia, yah June inilah orangnya

1st Runner Up : Peter Jonsson


Dari semua pserta kulit putih, si Sweden ini memang adalah yang paling banyak dijagokan oleh orang orang. Bahkan sebagian besar orang merasa ajang ini lebih memihak kepada kaum asia karena memang ajang ini dijalankan oleh Alex Liu yg keturunan Asia. Kalau tidak si Sweden ini seharusnya lah yang menjadi pemenang ajang ini. Dari sisi tampilan fisik sih, memang si Sweden ini memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi seorang model pria. Badan terbentuk yang tidak terlalu seperti binaragawan, raut muka komersil yang "laki". Well he deserved it. Is he better than June? Dari foto doank sih iya, tp mungkin ada penilaian juri dan pengalaman tahunan si June sebagai model yang membuat si sweden harus mengalah pada Philippine tahun ini

2nd Runner up : Macau, Martin Wang


Nah Runner up ke dua ini yg agak agak kontroversial. Memang dia memiliki salah satu tubuh yg paling  terbentuk di ajang ini. Tidak seperti Si Singapore yg terlalu besar, dia memiliki tubuh yg pas untuk dunia modelling. Mungkin body fatnya cuma 0.0001 %. Tetapi masalahnya adalah mukanya sama sekali jauh dari komersial. Mungkin dia cocok menjadi penjahat di film film action hong kong, atau menjadi pemeran pengganti Bruce Lee yg ceritanya habis babak belur digebukin. Tapi di ajang yg katanya adalah ajang pencarian model pria, Martin sama sekali tidak berada di posisi ini

3rd Runner up : Puerto Rico, Jimmy Perez Rivera


Nothing much on him. Dia adalah kandidat wajib dalam top 5, karena dalam setiap beauty pageant akan selalu ada kandidat Amerika Selatan. Keindahan fisik mereka yang lahir di Amerika Selatan memang membuat mereka langganan gelar di hampir setiap ajang. Di antara teman teman sesama Amerika Selatan lain, sebenarnya dia tidak pernah terlalu menonjol. Tetapi mungkin modelling skillnya, sesuatu yg tidak bisa cuma dinilai dari sebuah foto, adalah skill yg membuat dia mendapat posisi lebih tinggi di banding teman teman lainnya

4th runner up : Singapore, Jason Chee


Nah kalau ini dari pertama sudah ditebak pasti akan masuk ke top 5. Kenapa? Karena dia bisa dibilang adalah salah satu favorit si Airry, salah satu juri dan sponsor dalam acara ini. Si Airry sering dengan terang terangan mengungkapkan rasa sukanya pada Jason di akun sosial medianya. Dengan besarnya perhatian Airry terhadap pria ini, dia tidak akan mungkin membiarkan sang favoritnya tidak mendapat titel apapun. Yah mungkin nggak mungkin membuat dia menjadi juara satu, tetapi paling tidak menjadi runner up lah. Jason sendiri sebenarnya memiliki tubuh yang sangat bagus. Tetapi tubuhnya berlebihan untuk karir sebagai model profesional. Dan terus terang dia mukanya biasa aja. Jadi sebenarnya agak sulit dia untuk menjadi lebih dari sekedar model seksi dengan celana dalam.



Top 15 Semifinalist 
America (USA), Andres Giraldo 
Pantes di Top 15. Memang cakep banget soalnya:)
Colombia, Jorge Perez 
Just another regular Latin beauty
Denmark, Alexander Bach 
Ga cakep cakep amat sih. Cuma karena memang semacam Mr Congeniality hasil pilihan peserta lain, dia otomatis masuk ke top 15. Agak absurd sih. Mending Top 15 benar2 untuk mereka yg qualified
Dominican Republic, Joel Perez 
Peserta latin yg mayan menonjol sih karena mukanya kinclongggg banget
Greece, Thomas Gabriel 
Dengan muka dan badan bak patung Yunani memang si Greece pantes di Top 15 sih
India, Arry Dabas 
Biasa aja sih sebenarnya si India ini. Gosip2nya kemenangan dia di Mr Photogenic dan penempatan di Top 15 ada berhubungan dengan sponsorship acara ini
Latvia, Ivans Jevstignejevs 
Ga terlalu menonjol sih sebenarnya. Cuma ternyata dia menang best Runway. Mungkin memang  dia punya pengalaman modelling yg sangat memadai
Switzerland, Lavdrim Sylejmani 
Ga biasanya demem bule sih, tp bule ini memang agak sedikit lebih "menawan" di banding bule bule standar lain
Thailand, Mookkapon Posakabuth 
Peserta yg banyak disukai, tp mukanya rada ga konsisten. Kadang  enak dilihat, kadang kayak dilipet2. Badannya sih memang bagus banget. Tp inkonsistensi muka di foto membuat dia susah menjadi model yg benar benar bisa laku
Venezuela, Jeyco Estaba
Kalau yang ini nggak ngerti deh. Cakepnya standar, badannya sih oke lah. Tp overall lebih mirip pemain bokep dibanding peserta beauty pageant

Next : National Costume competition



Best National Costume : Hong Kong
Kostumnya sih meriah banget. Dan memang nyambung dengan kebudayaan negaranya. Jadi ga heran sih menang

1st runner up National Costume : Vietnam
Kalau ini memang keren, karena mirip kostum cosplay walaupun ga jelas kaitannya dengan kebudayaan vietnam dimana

2nd Runner up National Costume : Venezuela
Kalau ini sih mungkin karena di hitung dari besarnya kostum kali yah dan dia sebagai pemilik kostum ke 3 terbesar sehingga otomatis menang
Nanti soal National Costume lebih banyak di kostum terpisah yah

New Urban Male Award : June Macasaet, Philippine
Ini semacam penghargaan dari sponsor untuk kategori...hmmm... terbaik dalam memakai baju mereka? Maybe
Best Runway Model : Latvia
Kalau yg ini nggak ada videonya sih jadi ga bisa komen
Face of The Year : Puerto Rico
Puerto Rico memang mukanya termasuk yg paling kinclong, saing saingan dengan peserta dari US sebenarnya
Mr Physique : Macau
Oklah, selama yg dimaksud physique ini cuma badan alias leher ke bawah yah. Karena mukanya sepertinya hasil bad facelift combine with over tight silicone injection

Mr Photogenic : India
Seperti mention di atas,banyak peserta lain yg lebih photogenic.  Banyak gosip beredar kemenangannya ini ada hubungannya dengan sponsorship. Akbar dan peserta dari US sebenarnya bisa memenangkan ini

Mr Personality : Bahama
Mr Bahama yg termasuk cakep untuk kulit hitam ini memang dikenal sebagai salah satu peserta paling ramah. Jadi wajar aja sih. Tp ini kesannya seperti hadiah hiburan sih

Mr Friendship : Denmark
Kalau ini adalah gelar yg diberikan berdasarkan pilihan sesama peserta sebagai anggota yg paling berkesan dan ramah. Dan yg terpilih akan masuk sebagai Top 15. Agak Absurd karena gelar atas ebuah keramahan tidak sepenuhnya membuat dia berhak posisi di Top 15

Mr Internet Popularity : Singapore
Kalau ini adalah gelar yg diperoleh dari online voting berbayar! Pemenangnya sih secara otomatis langsung masuk ke top 15. Gosipnya si Airry khawatir Jason kecewa kalau dia ga sampai masuk top 15. Dan Airry membantu dia dengan membeli voting agar dia terjamin masuk Top 15. Gosipnya sihhh... ga jelas deh kebenarannya
Ok sekarang kita bahas mengenai Akbar, Akbar Kurniawan yg terpilih oleh Lmen dan dikirim untuk menjadi peserta ke ajang ini dengan harapan bisa menarih paling tidak satu titel atau masuk Top 15. Tetapi sangat disayangkan Akbar tidak meraih satupun gelar walaupun dia menjadi favorit banyak orang di banyak forum.


Ajang Manhunt 2012 ini sama sekali bukan ajang seperti Miss Universe dimana pemenang yang dicari adalah wanita dengan kepribadian, visi dan misi yg disempurnakan oleh kecantikan.  Nah sementara di ajang manhunt ini yg dicari adalah penampilan fisik karena yang mereka cari adalah model pria profesional. Mereka tidak terlalu peduli apabila pesertanya memiliki pengalaman mengajar suku pendalaman selama 13 tahun atau membangun sendiri sekolah buat anak anak miskin di Afrika. Karena untuk ajang ini selama penampilan kamu tidak cukup komersil untuk menjadi seorang model profesional, kamu tidak akan mendapat kesempatan.

Nah Akbar sendiri, sebenarnya sudah memiliki beberapa kualifikasi penting seperti muka cool (selama dia nggak nyengir karena giginya agak maju), six pack, dan penampilan komersial di foto. Tetapi ada beberapa elemen penting yang tidak dia miliki, seperti tinggi badan di atas 180 cm (dia cuma 177 cm), pengembangan otot yang tidak terlalu merata (six pack, tp pahanya kecil) dan juga keluwesan dalam bersosialisasi yang menurut banyak orang yg bertemu dengannya terlihat agak pemalu dan tidak menonjol. Sebenarnya semua itu ga mandatory sih, karena faktor keberuntungan juga berperan juga. Belum pernah sebelumnya peserta dari Indonesia mendapat respon sedemikian positifnya dari forum forum pageant. Bahkan Epen yg masuk Top 5 Mr International lebih pendek dari Akbar. Tetapi sepertinya kombinasi beberapa faktor ini, walaupun dengan dukungan penuh para penggemar membuat Akbar terlewatkan dimata juri yang mencari materi model profesional.

Yg ngajarin Akbar untuk berpose ngangkang dengan kostum ini juga bersalah karena membuat kostum ini terlihat semakin konyol
Oh yah untuk kategori kategori lain sebenarnya Indonesia selalu lumayan sukses, seperti kategori National Costume. Tetapi kostum tahun ini benar benar mengejutkan. Kostum naga tersebut terlihat seperti kostum Dufan yang dibuat untuk kaum gay sehingga sengaja dibikin agak minim dibagian bagian tertentu. Belum lagi penggambaran naga itu sama sekali tidak menunjukkan citarasa Indonesia. Memang naga menjadi bagian dari banyak kisah di Indonesia, tetapi tanpa keseluruhan penggambaran kisahnya, naga itu hanya terlihat seperti mahluk mitos yang banyak terdapat berbagai negara asia lainnnya. Ditanbah dengan ceker dan cakar naga yang terlihat konyol. Walaupun kostum tersebut lumayan makan tempat dan menyita perhatian, tetapi tidak membuat kostum tersebut terlihat menarik. Malah kostum itu semakin mencolok sebagai bahan celaan. Sorry Lmen, should create better costume next year

1 komentar:

  1. Agreed !!! Akhir2 ini semua ajang male peagant emang lebih memihak ke asia.
    That's a suck for me !

    Juara nya harus nya emang si Sweden, Peter Jonsson !
    Sayang sekali ia bahkan tak dapat gelar apapun (except 1st RU).

    Next Mr. World !!
    Any info ??

    BalasHapus