Rabu, 11 Juli 2012

So they come out,.... and?


Anderson Cooper come out sepertinya memang menciptakan kehebohan sendirian. kehebohan karena di adalah reporter dan pembaca CNN yg terkenal dan well respected. Belum lagi memang jauh sebelumnya banyak sudah yg berspekulasi mengenai orientasi seksualnya. Tetapi Akhirnya si Anderson memutuskan untuk come out dengan cara yang jauh dari hingar bingar, tetapi tetap menciptakan kehebohan di dunia kaum straight maupun kaum gay. Ada yg bergembira, karena tebakan mereka benar, ada yg mencela karena menganggap dia sebagai public figure yg terpelajar harusnya bisa memberi contoh yang lebih baik untuk menjaga batas kehidupan pribadi dan profesional. Ada pula yang memandang sinis karena baru sekarang seorang Anderson berani come out. Ada yang bahkan seperti screenshot di atas, langsung mencoba memanfaatkan moment ini untuk mendapatkan uang lebih dgn mengajak Anderson membuat video jorok dgn bayaran 1 juta dollar

Ini si Frank Ocean
Ga lama setelah Anderson come out, terdengar pula kabar Frank Ocean (jujur belum pernah denger nama dia sebelumnya), seorang penyanyi hiphop yg juga come out. Kalau ini sih karena dia berasal dari kalangan kulit hitam penyanyi hiphop, jadinya makin heboh. Some say he is trying to steal Anderson's thunder:D Some say ini cuma public stunt karena kebetulan Si Frank Ocean ini mau keluarin album, dan di album tersebut ada lagu lagu untuk sang cowok pujaan hatinya. Yah no matter what, sesuatu yg baru sih ada penyanyi hiphop kulit hitam yg come out.

Nah skrg apa efeknya buat kita sih sebenarnya sih seorang bule yg sering tampil serius di TV dan seorang penyanyi hiphop yg come out di belahan dunia amerika sono terhadap kehidupan kita di sini sebagai kaum gay? Efek paling besarnya sebenarnya adalah untuk kaum straight yg selama ini selalu memiliki semacam stereotype seperti apa seharusnya seorang gay yang mungkin sudah tidak relevan di saat ini

ini si Anderson Cooper
Sebagian besar orang orang yang masih menganggap gay itu adalah seperti olga dan Ade Juwita, akan semakin melihat bahwa gay itu semakin jauh dari stereotype yang ada di bayangan mereka. Pada saat mereka mendengar bahwa Ricky martin adalah Gay, mungkin yang terlintas di pikiran mereka adalah bahwa yah wajar si ricky gay, soalnya suka goyang goyang pinggul sambil makai baju ketat. Waktu mereka mendengar zachary Quinto dan Neil Patrick Harris juga gay, mereka akan berpendapat bahwa itu cuma sebagian kecil, dan pasti tidak banyak pria berpenampilan normal seperti itu yg gay. Sampai akhirnya mereka melihat olga lagi di tv dan mereka akan kembali berpikir, Zachary itu cuma anomali, dan semua gay seharusnya seperti olga ini.

Nah untuk kaum straight yg berpikiran seperti itu, ketika mendengar bahwa Anderson Cooper adalah gay, yg akan kepikiran oleh mereka adalah bahwa ternyata masih ada pria berpenampilan normal yg gay selain zachary quinto dan Barney stinson. Ada Anderson Cooper yg biasa jadi wartawan perang dengan penampilan sangat maskulin yg juga gay. Semakin terbuka lah pikiran mereka bahwa ga sedikit ternyata gay yg terlihat seperti cowok biasa yg ga kebanci-bancian sedikitpun. Beberapa hari kemudian terdengar pula kabar Frank Ocean yg terlihat seperti penyanyi kulit hitam pada umumnya juga gay. Semakin terbuka lagilah pikiran mereka bahwa ternyata ada begitu banyak jenis pria yg ternyata sebenarnya gay tanpa mereka sadari. Jenis jenis pria yang tidak pernah akan muncul dalam pikiran mereka berpenampilan feminim dan kebanci-bancian yang terang terangan mengaku kalau mereka gay.

kalau ini si Zachary Quinto
Sementara untuk kaum gay sendiri? Apa efeknya dengan come outnya Anderson Cooper dan Frank Ocean terhadap kita? Tentunya itu bisa menunjukkan bahwa menjadi seorang gay, tidak berarti kita tidak bisa menjadi wartawan perang ataupun penyanyi hiphop, atau profesi2 lain yang begitu identik dengan maskulinitas. Come outnya mereka juga memperlihatkan pada kita bahwa dunia sudah semakin bisa menerima sosok gay yang memberikan inspirasi positif kepada orang di sekitarnya tanpa mempedulikan orientasi seksualnya. Dan kita juga belajar bahwa apabila kita ingin come out, akan selalu ada orang yang mendukung dan selalu ada orang yg mencela. Tetapi yang penting apabila pada saatnya kita merasa siap untuk come out, kita tahu bahwa dengan tetap konsisten berkarya dan menghasilkan sesuatu yang positif, orang akan tetap bisa menerima kita apa adanya dan mengesampingkan fakta bahwa kita gay sebagai hal personal yang tidak ada sangkut pautnya terhadap karya kita.

4 komentar:

  1. yaaaay hahaha bahasa-nya keren nih artikel, ini adminnya mana sih jadi penasaran gue :)

    BalasHapus
  2. hahaha tenkiu:D adminnya di sini kok:D

    BalasHapus
  3. Anderson Cooper is super hot!!! Love his gray hair and blue eyes :9 yummy~ hehehehe... Semoga semakin banyak yang berani tampil dan berkarya dalam kehidupannya ya, min :) no matter what, sexual orientation itu nomor sekian yang penting prestasinya!

    BalasHapus
  4. Keren artikelnya, seperti biasa :)
    Masyarakat perlu lebih ngebuka mata aja sih, nggaharus semua gay itu berpakaian ketat dan serba pink dan full of glitter, dan nggasemua straight itu bajunya military-inspired dan nggak menarik. Banyak temen gue yang berpakaian lebih modis dan lebih ketat daripada gue padahal mereka pecinta wanita. We are all human jadi mungkin lebih baik buat ngejudge based on their achievements and characters daripada ngejudge berdasarkan penampilan semata.

    BalasHapus