Rabu, 21 September 2011

Don Ask Dont Tell Dont Come Back



Kaum gay dan lesbian di US sedang bergembira. Terutama mereka yg selama ini harus memendam rahasia mereka karena mereka bergabung dalam satuan militer. Selama ini memang kaum gay di dalam militer di kenakan peraturan resmi "Dont Ask Dont Tell". Jadi semacam peraturan yg menyuruh kaum gay yg mau berkarir di militer untuk tidak memberitahukan ke org org mengenai identitas ke-gay-an mereka. Dan orang lain juga ga boleh menanyakan hal tersebut. Jadi intinya seperti "Mau masuk militer? jangan sebut2 kata gay, maka loe boleh. Tapi sekali loe sebut gay, atau ada yg ngobrolin, loe musti cabut". Intinya mereka tidak ingin mengasosiasikan unit militer amerika dengan kata "gay". Kalau ada yg ketahuan Gay bisa langsung dikeluarkan dari unit militernya. Jahat yah..

Nah, peraturan ini telah lama menjadi bahan diskusi di pemerintahan sono. Obama sendiri mengajukan pembatalan peraturan itu sendiri dari tahun lalu. Tetapi baru pertengahan tahun ini di sahkan. Mulai berlakunya sendiri adalah kemarin ini.

Banyak pihak di pemerintahan yg masih menentang pembatalan peraturan ini karena dianggap membiarkan kaum gay secara terbuka dalam militer akan merusak disiplin dari tentara itu sendiri. Mungkin di bayangan mereka tentara di yg selama ini kalau bosen main gitar, akan berubah menjadi ngedrag sambil nyanyi-nyanyi lagu cher kali yah.

Nah skrg jadinya kaum militer tidak perlah takut takut lagi untuk menampilkan identitas diri mereka yg sebenarnya di hadapan teman teman mereka, rekan kerja maupun di depan umum. Mereka bebas untuk melakukan pernikahan, dan pasangan mereka berhak mendapatkan benefit asuransi atas diri mereka.

Setelah legalization gay marriage di beberapa kota besar di amerika, pembatalan peraturan ini bisa dianggap sebagai hal besar dalam pergerakan perjuangan kaum gay di Amerika.

Di Indo sendiri gimana? Ga ada sih peraturannya. Banyak personil kepolisian juga yg dengan seragamnya terang terangan manaruh fotonya di manjam. Bahkan mereka juga punya komunitas sendiri yg lebih tertutup. Mungkin tidak ada larangan sih, tp jangankan kaum militer. Mereka yg sudah begitu obvious binan aja seperti para artis dan MC2 di TV, mereka semua masih lebih memilih untuk berpura pura normal agar tetap dapat diterima di masyarakat.

buat kita tunggu ntar mungkin 40 atau 80 tahun lagi aja yah baru kita lihat jadi gimana:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar