Sabtu, 18 Juni 2011

Seminar penyembuhan Gay di Hong Kong

Pemerintah Hongkong mensponsori sebuah seminar yang bertema Penyembuhan untuk kaum gay yang ingin disembuhkan menjadi straight. Seorang spesialis dalam therapy "ex-gay", psikiater bernama Hong Kwai Wah ditunjuk sebagai penyelenggara mengeklaim bahwa dia dapat menyembuhkan "homoseksualitas yang tidak diinginkan"

Psikiater ini adalah ketua dari sebuah organisasi yang disebut New Creation Association yang disebutkan dalam websitenya bahwa misi mereka adalah menolong mereka yang bergelut dengan kehomoseksualitas-annya mereka, membantu mereka memecahkan dilema didalam diri mereka dan membantu mereka untuk kembali berpikir bahwa homoseksual itu bisa di sembuhkan. Yang kurang lebih mungkin bisa disingkat menjadi istilah "cuci otak". Metodenya sendiri disebutkan melibatkan mandi air dingin, berdoa dan hidup selibat

Pemerintah Hong Kong sendiri mengatakan mereka mensponsori acara seperti ini melalui hasil perembukan dengan banyak pihak dan mereka menyadari bahwa ada kebutuhan dari masyarakat hong kong untuk sembuh dari homoseksualitas

Akibat dukungan pemerintah ini, banyak aktivis gay yang mengadakan demonstrasi di depan gedung pemerintahan yg mensponsori kegiatan ini. Mereka menganggap pemerintah mencap seolah olah gay adalah sebuah kejahatan dan penyakit yg harus disembuhkan dan dihilangkan.

Tidak diketahui sih sampai kini seudah berapa orang yang mengikuti acara seminar ini dan berapa yang sudah berhasil disembuhkan. Tapi kalau dipikir2, rasanya nggak mungkin yah namanya merubah selera asal. Menahan diri untuk tidak melibatkan diri mungkin bisa, tetapi namanya keinginan dari dalam diri itu pasti tidak akan pernah bisa ditutup begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar