Kamis, 24 Februari 2011

Tayangan TV yang menayangkan "semuanya"


Punya account manjam? Fridae? Gay-romeo? Atau mungkin di Grindr? Mungkin sekarang kita melihat itu sebagai fun fun aja. Buat cari cari temen atau sex partner atau mungkin bf. Tapi ada satu kasus yg mungkin bisa jadi pembelajaran kita semua.

Di India, sebuah stasiun televisi Chanel TV9 Telugu sedang menimbulkan kemarahan kaum gay di sana karena mereka memuat sebuah liputan tentang bagaimana gaya hidup gay menjadi trend sekarang ini. Masalahnya dalam acara liputan tersebut, mereka melanggar privacy orang dengan menampilkan foto foto dari website personal sejenis manjam di layar TV. Mereka bahkan menelpon beberapa orang yang mencantumkan nomor telpon di account mereka itu, dan mengajukan pertanyaan seperti nama, umur, pekerjaan, tinggal dimana sambil menayangkan foto dari orang tersebut dilayar televisi! Mereka juga memgambil gambar diam diam dari club gay. Nggak tau jelas total berapa orang yang kehidupan rahasianya sebagai gay terungkap secara terang-terangan dilayar TV melalui liputan itu. Bahkan dilaporkan sudah satu orang yang mencoba bunuh diri karena orang tuanya melihat fotonya tertayang di liputan itu.

Saat ini komunitas digital masih mengecam tindakan televisi tersebut, dan kaum aktivis gay menuntut agar stasiun televisi tersebut meminta maaf secara pribadi kepada setiap orang yang merasa dirugikan akibat penayangan tersebut.

Sebelumnya video liputan ini sempat diupload ke youtube dan website TV tersebut sendiri. Tetapi berkat tekanan berbagai pihak, video tersebut sudah di cabut dari Youtube.

Nah bagaimana dengan kita di sini? Dulu sudah sempat ada beberapa liputan seperti itu juga sih di TV. tapi mereka masih cukup sopan untuk mengaburkan muka dari liputan tersebut. Tetapi kita musti tetap waspada sih mengingat yang namanya televisi selalu mencari cara agar bisa menayangkan hal hal yang kontroversial. Terutama juga yang menaro nomor telpon di account2 umum seperti itu.

Jadi skrg kita gimana? Nggak perlu langsung buru buru tutup account di manjam sih. Tetapi kita harus sadar aja akan konsekuensi yang mungkin terjadi. Dan juga di saat kita ingin menaruh foto atau nomor telpon atau data apapun mengenai diri kita padahal kita masih "in the closet",  maka kita harus sadar dan siap menerima kemungkinan kemungkinan buruk yg dapat terjadi. Salah satu worst case scenario sudah kita dengar di India. Mudah2an saja tidak sampai ada kejadian serupa di Indonesia lah yah....

4 komentar:

  1. sinchan masih sinchan26 Februari 2011 11.20

    wowww.....anjrit tuh station......


    untung di Negara kita masih sopan dikit....tapi sekedar info, kalo www.manjam.com dah diblokir sih....tapi jangan sedih, yang punya akun manjam,buka di www.manjam.eu...


    thanx Touche!!

    BalasHapus
  2. di blokirnya ama ISP tertentu saja kok. Kalau pakai Fastnet masih bisa sih hihihi

    BalasHapus
  3. good information

    http://duniagayamu.blogspot.com

    BalasHapus
  4. udah beberapa hari ini manjam.eu juga gak bisa diakses???

    BalasHapus