Sabtu, 04 Desember 2010

Bully, pecat dan ganti rugi

Steven Bain adalah seorang visitor service assistant di sebuah arsitektur dan desain centre di Glasgow yg bernama The Lighthouse. Steven adalah seorang gay yang sudah come out of closet di tempat kerjanya. Dia sama sekali tidak menutupi fakta bahwa dia adalah seorang gay di sana. Hal ini mengakibatkan dia merasa di bully oleh teman teman kerjanya. Mulai dari hal hal simpel seperti teman teman kerjanya yang bertanya apakah dia pernah berdandan seperti wanita, sampai teman temannya yg terang terangan keluar ruangan apabila dia memasuki ruangan tersebut. Bahkan mereka terang-terangan mengatakan bahwa mereka jijik membayangkan bahwa Steven telah mengunjungi gay bar. Mereka juga pernah berdiskusi apakah perlu Steven menggunakan gelas yang terpisah agar nggak nyampur dengan gelas mereka atau ledek-ledekan apakah perlu mereka mendekorasi pohon natal mereka dengan pita merah AIDS untuk Steven.

Dia pernah komplain soal ini ke perusahaanya pada bulan April, tetapi tidak ada langkah serius yg dilakukan perusahaannya. Bahkan 5 bulan kemudian dia dipecat yang menurutnya akibat desakan dan komplain dari teman temannya atas seksualitasnya

Akibatnya dia menuntut perusahaannya tersebut atas dasar diskriminasi terhadap orientasi seksual dan pemecatan sepihak. Ternyata pihak pengadilan di Inggris memenangkan tuntutan Steven dan menyuruh perusahaan tersebut memberikan ganti rugi sebesar hampir 200 juta rupiah kepada Steven.

Bravo buat pengadilan Inggris yg memenangkan Steven di kasus ini, walaupun seharusnya jumlah ganti rugi lebih besar, agar dapat menjadi contoh buat perusahaan lain agar tidak mengulangi hal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar